Mencoba Kamera "Virtual Reality" Samsung Gear 360

Kompas.com - 29/02/2016, 09:26 WIB
Samsung Gear 360 Fatimah Kartini BohangSamsung Gear 360
|
EditorOik Yusuf

BARCELONA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran duet flagship Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung juga memperkenalkan kamera portabel bertajuk "Gear 360".

Kamera tersebut mampu membidik dan merekam konten visual 360 derajat atau multi-angle. Alhasil, ketika menyaksikan sebuah video, pengguna bakal merasa benar-benar hadir di suatu tempat atau kejadian.

Hal ini seakan menegaskan keseriusan Samsung memperkuat ekosistem realitas virtual atau kerap disebut virtual reality (VR). Sebelumnya, Samsung juga sudah membuat kacamata pintar "Gear VR" untuk mengakses konten 360.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

KompasTekno menghadiri langsung acara peluncuran Gear 360 beberapa hari lalu di Barcelona, Spanyol, beriringan dengan ajang MWC 2016. Kesempatan untuk menjajal kamera berlensa ganda tersebut pun tak dilewatkan. Ikuti hasil penelusurannya berikut ini.

Desain seperti bola

Gear 360 tak ubahnya bola mata jika hanya dipandang dari sisi bentuk. Ukurannya pas digenggam tangan orang dewasa, dengan berat sekitar 153 gram.

Berwarna putih, sisi depan dan belakang kamera dipatrikan lensa fish-eye dengan bukaan (diafragma) f/2.0 dan sensor dengan resolusi masing-masing 15 megapiksel.

Pada pucuk kamera, melekat tombol bulat berwarna hitam dengan titik merah di dalamnya untuk merekam video. Di bawah tombol, pengguna akan menemukan layar kecil berukuran 0,5 inci dari jenis PMOLED.

Layar itu menampilkan status perekaman, sehingga pengguna tak perlu melulu menilik ke layar smartphone ketika merekam sesuatu.

Di sisi kiri, terpatri dua tombol untuk navigasi kamera. Ada tombol "Bluetooth" untuk menyambungkan kamera dengan perangkat lainnya semisal smartphone, Ada juga tombol "Back" untuk mengendalikan alat perekam gambar ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.