Kompas.com - 01/03/2016, 10:11 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan on demand video streaming Netflix mulai memblokir akses melalui Virtual Private Network (VPN).

Kebijakan tersebut membuat geram sebagian pelanggan yang tidak bisa lagi mengakses semua konten Netflix tanpa batas negara, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (1/3/2016) dari Mashable.

Netflix merupakan layanan berbasis kluster (region-locked). Beda negara, beda pula sajian film dan serial TV yang tersedia. Begitu juga dengan ketersediaan subtitle.

Terkadang pelanggan yang tinggal di negara A tak bisa mengakses konten kesukaannya. Sebab, konten tersebut cuma bisa diakses di negara B. 

Untuk mengakses konten dari perpustakaan Netflix di semua negara, pelanggan harus mengelabui Netflix dengan menggunakan VPN.

Akses privat itu memungkinkan pelanggan memodifikasi alamat IP komputernya. Walau berdomisili di negara A, seseorang bisa dibuat seakan-akan berdomisili di negara B.

Tampaknya Netflix tak suka dengan "aksi curang" tersebut. Bulan lalu, melalui situs resminya, Netflix memang sudah mengumumkan akan memblokir VPN.

Kala itu, pro dan kontra sudah berlangsung. Kini, protes semakin menjadi-jadi menyusul mulai diberlakukannya pemblokiran. Para pelanggan yang "ngambek" menyuarakan kekesalannya lewat media sosial.

Ada juga meme sindiran yang tersebar di jagat maya. Meme itu mengindikasikan bahwa kebijakan Netflix mendorong para pengguna kembali menggunakan layanan pembajakan Torrent.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.