Kompas.com - 01/03/2016, 11:20 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Pengguna Android pasti akrab dengan "laci" aplikasi (app drawer) yang merupakan wadah bagi seluruh piranti lunak terinstal di ponselnya. Kabarnya laci tersebut akan dihapus dan nantinya seluruh aplikasi akan ditampilkan di layar utama atau home screen.

Model tampilan seperti ini sebenarnya bukan hal baru karena selama ini Apple sudah menerapkannya pada iOS.

Selain Apple, sebenarnya ada juga sejumlah produsen Android yang menghapus laci aplikasi. Hanya saja tindakan ini tidak seragam, sesuai desain produsennya saja.

Namun bila Google memutuskan untuk menerapkan modifikasi tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (1/3/2016), maka seluruh laci aplikasi akan hilang dari Android N yang akan datang.

Prediksi soal kebijakan tersebut diketahui dari demo video Google Maps baru. Ponsel yang dipakai untuk demo tersebut memperlihatkan user interface bawaan Android.

Bedanya adalah, tak ada ikon laci aplikasi di bagian tengah bawah layar. Bagian home screen ponsel itu hanya memperlihatkan sederet aplikasi saja, termasuk Google Maps.

Kendati ada prediksi demikian, tak berarti Google benar-benar akan menghapus laci aplikasi di Android N. Bisa jadi raksasa internet itu bakal memberikan pilihan pada pengguna, apakah mau memakai laci aplikasi atau tidak sama sekali.

Pengguna akan segera mendapat kepastian mengenai hal ini. Google akan mengadakan konferensi pengembang aplikasi I/O pada 18 Mei mendatang, dan biasanya mereka mengumumkan Android terbaru di acara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.