BlackBerry: BBM Tak Tertandingi di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2016, 15:52 WIB
Matthew Talbot, SVP Emerging market BlackBerry. (Reska K Nistanto/Kompas.com)Matthew Talbot, SVP Emerging market BlackBerry.
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Senior Vice President BlackBerry Matthew Talbot dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal dengan yakin mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menandingi ekositem yang dibangun BlackBerry di Indonesia.

"Saya yakin tidak ada yang bisa menyaingi kami di Indonesia dengan ekosistem yang tengah kami kembangkan, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah pengguna kami (di Indonesia)," kata Talbot seperti dikutip KompasTekno, Selasa (1/3/2016).

Karena itu, Talbot mengatakan BlackBerry tetap yakin bisa mempertahankan dominasinya di Indonesia, satu-satunya negara dimana aplikasinya masih banyak dipakai dibandingkan dengan di negara lain.

Talbot mengumpamakan ekosistem yang dibangun WeChat di China, Line di Jepang, dan KaKaoTalk di Korea yang masing-masing memiliki basis pengguna yang besar.

"Tidak ada satu pun dari pemain-pemain itu yang skalanya bisa menyaingi BBM di Indonesia," ujar Talbot.

BlackBerry memang tengah menyiapkan ekosistem yang mengombinasikan e-commerce, iklan, dan layanan chat di Indonesia lewat BlackBerry Messenger (BBM), mirip seperti yang dilakukan Tencent Holdings dengan WeChat di China.

Meski demikian, para analis ragu dominasi BBM akan bertahan lama, karena besarnya desakan dari platform lain yang lebih menarik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa analis juga menyarankan agar BlackBerry fokus ke satu jenis platform saja agar bisa unggul di Indonesia, apakah aplikasi layanan pesan murni seperti WhatsApp atau platform multi-fungsi seperti WeChat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X