Drone Phantom 4 Bisa Terbang Sendiri Tanpa Perlu Dikendalikan

Kompas.com - 02/03/2016, 10:09 WIB
DJI Phantom 4 DJIDJI Phantom 4
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - DJI baru saja mengumumkan drone Phantom 4 terbaru. Hal menarik dari pesawat tanpa awak ini adalah kemampuannya terbang tanpa harus dikendalikan pengguna.

Ya, Phantom 4 memang bisa melihat halangan apa saja yang ada di hadapannya ketika terbang, kemudian menghindarinya. Bahkan pengelihatan tersebut membuatnya bisa melacak objek tertentu.

Dengan kata lain, DJI telah memperbarui kemampuan penglihatan komputer pada pesawat tanpa awak ini sehingga melampaui kendali otomatis yang selama ini digunakan di perangkat sejenis.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (2/3/2016), ada lima unit kamera yang tertanam pada Phantom 4. Kamera-kamera inilah yang dipakai memetakan dunia sekeliling pesawat tanpa awak itu.

Lima unit kamera tersebut terdiri dari sebuah kamera 4K, dua kamera menghadap depan dan dua kamera di bagian bawah.

Phantom 4 membuat model 3D dari dunia yang ditangkap kamera tersebut, mengubahnya menjadi data untuk navigasi dan bisa mengetahui halangan dari jarak kurang lebih 14 meter.

Alhasil, mengoperasikan drone ini jadi lebih mudah dari model sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna bisa menggunakan fitur baru bernama Tap Fly untuk mengarahkan Phantom 4 ke suatu tempat, hanya dengan menyentuhkan jari ke area dimaksud di dalam tayangan live view. Drone akan terbang dengan sendirinya dan menghindari halangan secara otomatis.

Fitur lainnya adalah Active Tracker. Seperti sudah disebutkan, ini membuat pesawat tanpa awak bisa melacak atau mengikuti objek tertentu.

Objek yang diikuti tak harus menggunakan alat pemancar atau aksesori khusus. Phantom 4 bisa mengikuti objek yang sudah ditentukan dengan cara menjaganya tetap berada di dalam bidikan frame kamera.

Kemampuan lainnya antara lain durasi terbang yang diperpanjang menjadi 28 menit atau sekitar 5 kilometer. Inti pesawat tanpa awak itu terbuat dari magnesium sehingga lebih ringan dan responsif terhadap perintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.