Kompas.com - 02/03/2016, 11:22 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com — Raksasa teknologi, Apple, mengaku turut membantu pencarian pesawat B777 Malaysia Airlines penerbangan MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 dan hingga kini belum ditemukan.

Hal tersebut terungkap dalam rapat dengar pendapat yang dilakukan antara Apple dan beberapa anggota senat AS, Selasa (1/3/2016) lalu.

"Satu jam setelah pesawat tersebut dinyatakan hilang, operator Apple bekerja sama dengan penyedia layanan seluler di seluruh dunia, dan FBI mencoba mencari ping," kata Bruce Sewell, perwakilan Apple.

"Hal itu dilakukan untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat," imbuhnya seperti dikutip The Verge dan diteruskan KompasTekno, Rabu (2/3/2016).

Sewell juga menambahkan bahwa Apple akan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki dan melakukan prosedur darurat yang telah dibuat dalam menghadapi situasi seperti itu.

Rapat dengar pendapat itu dilatarbelakangi oleh sikap Apple yang tidak bersedia membuka enkripsi iPhone untuk kebutuhan penyelidikan FBI.

FBI pun menempuh upaya hukum untuk menekan Apple agar mau membuka kunci iPhone. Akan tetapi, permintaan yang disuarakan lewat pengadilan federal ini kemudian ditolak mentah-mentah.

Apple tidak bersedia membuka enkripsi tersebut karena backdoor yang diminta FBI memungkinkan passcode untuk dimasukkan secara elektronik sehingga iPhone lebih mudah dijebol dengan teknik "brute force", yakni menebak angka kunci dengan memasukkan jutaan kombinasi per detik dengan bantuan komputer.

Apple khawatir, aplikasi semacam itu nantinya bisa digunakan untuk membuka iPhone lain di luar kepunyaan sang teroris, tak peduli siapa pemiliknya ataupun berapa banyaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.