Kompas.com - 02/03/2016, 16:06 WIB
Tiga pengojek Grab Bike, (dari kiri ke kanan) Rudianto (26), Henri Johan (38), dan Igin Hendriawan (31) di kantor Grab Bike, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015). KOMPAS.com/Andri Donnal PuteraTiga pengojek Grab Bike, (dari kiri ke kanan) Rudianto (26), Henri Johan (38), dan Igin Hendriawan (31) di kantor Grab Bike, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan ride-sharing asal Malaysia Grab mematok tiga target untuk tahun 2016. Salah satunya meraup 50 persen pangsa pasar ojek online di Indonesia melalui fitur GrabBike.

Hal itu disampaikan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Rabu (2/3/2016), di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, dalam pertemuan bersama beberapa wartawan.

"Kami punya planning serius untuk meningkatkan pangsa pasar ojek online menjadi 50 persen," kata dia.

Saat ini, GrabBike baru meraup 35 persen pasar tersebut. Tak dibeberkan jumlah rinci penggunanya. Yang jelas, sisa 65 persen pasar ojek online masih milik kompetitor yang notabene didominasi Go-Jek (untuk tak mengatakan semua milik Go-Jek).

Artinya target 50 persen terbilang tak ambius. Sebab, cuma ada dua pemain yang berkecimpung, GrabBike dan Go-Jek.

Spekulasi itu buru-buru ditampik Ridzki. Menurut dia, bisnis ojek online bisa membludak sepanjang 2016 dan melahirkan kompetitor-kompetitor kuat lainnya.

"Ketika membuat planning ini, kami mengantisipasi ada player-player lain yg bermunculan. kalaupun ada, kami sudah siap," ia menuturkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa strategi pun telah ditetapkan untuk mencapai target market share 50 persen. Semuanya merujuk pada peningkatan pengalaman pengoperasian.

"Kami sudah meluncurkan beberapa peningkatan beberapa minggu lalu. Antara lain memungkinkan pencarian lokasi destinasi yang lebih cepat dan sign up via Facebook supaya lebih praktis," kata Country Head of Marketing Grab Indonesia Kiki Rizki, pada kesempatan yang sama.

Dalam waktu dekat, kata Kiki, Grab akan menambah dua fitur baru yang berhubungan dengan keamanan dan kesejahteraan pengemudi. Namun Kiki enggan menjelaskan lebih lanjut.

Selain target pangsa pasar, dua target Grab lainnya adalah peningkatan keamanan dan ekspansi layanan Grab, yang juga belum diungkap lebih jelas.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.