FBI: iPhone Punya Anjing Penjaga yang Galak

Kompas.com - 02/03/2016, 19:35 WIB
iPhone 6s dan 6s Plus saat diluncurkan, Rabu (9/9/2015). The VergeiPhone 6s dan 6s Plus saat diluncurkan, Rabu (9/9/2015).
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Direktur badan intelijen AS FBI James Comey, mengatakan enkripsi dalam iPhone seperti 'anjing penjaga yang galak' yang menghambat aparat penegak hukum dalam mengumpulkan bukti-bukti.

Hal tersebut disampaikannya di depan sebuah komite di Kongres Amerika Serikat, Selasa (1/3/2016) waktu setempat.

"Ini bukan tentang jalan belakang... sudah ada pintu di telepon itu, kami meminta Apple menjauhkan anjing penjaga yang galak," jelasnya.

Dia menambahkan warga Amerika Serikat perlu mengetahui implikasi keamanan jika enkripsi bisa membuat akses data dimungkinkan untuk telepon cerdas dan peralatan lainnya.

Walau semua menghargai nilai-nilai privasi, menurut Comey, "Ada banyak masa aparat penegak hukum mengamankan hidup kita dan menyelamatkan anak-anak kita."

Apple membuat marah FBI dan polisi karena menolak untuk 'membuka' telepon beberapa tersangka pelaku kejahatan dan terorisme.

Raksasa teknologi itu -yang memberi keterangan di komite dipimpin oleh Wakil Senior Presiden, Bruce Sewell- mengatakan bahwa menciptakan alat untuk membuka telepon genggam akan memperlemah keamanan ratusan juta telepon.

Pertentangan antara FBI dan Apple ini berawal dari permintaan agar Apple 'mematikan' perangkat keamanan di telepon tangan Syed Rizwan Farook, yang ditolak oleh CEO Apple Tim Cook.

Bulan Desember 2015, Farook dan istrinya, Tashfeen Malik, membunuh 14 orang dalam serangan di San Bernardino, California.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.