Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI: iPhone Punya Anjing Penjaga yang Galak

Kompas.com - 02/03/2016, 19:35 WIB
KOMPAS.com - Direktur badan intelijen AS FBI James Comey, mengatakan enkripsi dalam iPhone seperti 'anjing penjaga yang galak' yang menghambat aparat penegak hukum dalam mengumpulkan bukti-bukti.

Hal tersebut disampaikannya di depan sebuah komite di Kongres Amerika Serikat, Selasa (1/3/2016) waktu setempat.

"Ini bukan tentang jalan belakang... sudah ada pintu di telepon itu, kami meminta Apple menjauhkan anjing penjaga yang galak," jelasnya.

Dia menambahkan warga Amerika Serikat perlu mengetahui implikasi keamanan jika enkripsi bisa membuat akses data dimungkinkan untuk telepon cerdas dan peralatan lainnya.

Walau semua menghargai nilai-nilai privasi, menurut Comey, "Ada banyak masa aparat penegak hukum mengamankan hidup kita dan menyelamatkan anak-anak kita."

Apple membuat marah FBI dan polisi karena menolak untuk 'membuka' telepon beberapa tersangka pelaku kejahatan dan terorisme.

Raksasa teknologi itu -yang memberi keterangan di komite dipimpin oleh Wakil Senior Presiden, Bruce Sewell- mengatakan bahwa menciptakan alat untuk membuka telepon genggam akan memperlemah keamanan ratusan juta telepon.

Pertentangan antara FBI dan Apple ini berawal dari permintaan agar Apple 'mematikan' perangkat keamanan di telepon tangan Syed Rizwan Farook, yang ditolak oleh CEO Apple Tim Cook.

Bulan Desember 2015, Farook dan istrinya, Tashfeen Malik, membunuh 14 orang dalam serangan di San Bernardino, California.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com