Awas, Pesan Tipuan "WhatsApp Pro" Beredar di WhatsApp

Kompas.com - 03/03/2016, 07:51 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp harus berhati-hati dalam menyikap pesan viral terkait dengan layanan "WhatsApp Pro". Layanan tersebut disinyalir adalah scam (tipuan) yang bisa merugikan pengguna WhatsApp mobile.

Baru-baru ini di WhatsApp banyak beredar pesan berantai yang menyertakan link/tautan untuk mengunduh fitur WhatsApp Pro di URL whatsapppro.net. Disebutkan bahwa tema warna WhatsApp akan berubah menjadi biru, alih-alih hijau warna resminya, saat versi "Pro" diaktifkan.

"WhatsApp Launches WhatsApp Pro to Enjoy Free Internet, Video Calling, and Some Features, The Offer is For Limited Time," demikian tulis pesan berantai tersebut menawari iming-iming internet dan video call gratis yang menggiurkan.

Tautan yang disertakan juga nampak meyakinkan dengan tampilan warna dan background khas WhatsApp. Situs tersebut menampilkan dua menu "Activation" dan "Invite Friends".

Saat KompasTekno mencoba klik menu Activation lewat browser PC, situs WhatsApp Pro meminta calon korban untuk melakukan invite 10 teman dan 5 grup terlebih dahulu, melalui tombol yang disediakan di bawahnya.

Modus ini merupakan scam yang berupaya untuk menyebarkan tautan/link ke banyak pengguna WhatsApp.

Untuk diingat, situs resmi WhatsApp hanya beralamat di WhatsApp.com dimana pengguna bisa mengunduh file APK resmi darinya.

Kabar terbaru tentang fitur dan layanan WhatsApp juga biasanya menyalurkan update di Blog WhatsApp dengan URL blog.whatsapp.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.