Ini Bedanya Layanan Kurir Grab dan GoJek

Kompas.com - 03/03/2016, 08:37 WIB
Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kiri), saat berbincang santai bersama wartawan di Jakarta, Rabu (2/3/2016) Fatimah Kartini Bohang/ KOMPAS.comManaging Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kiri), saat berbincang santai bersama wartawan di Jakarta, Rabu (2/3/2016)
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa saat lalu Grab Indonesia meluncurkan layanan kurir GrabExpress di aplikasi ride-sharing miliknya. Penawaran serupa lebih dulu dimiliki GoJek lewat fitur "Instant Courier".

Kedua layanan bertujuan memudahkan pengiriman barang dalam kota. Untuk sementara, baru pengguna di Jakarta yang sudah bisa mencicipi kemudahan tersebut.

"Minatnya besar, sudah banyak perusahaan menggunakan GrabExpress untuk mengirim dokumen penting," kata Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Rabu (2/3/2016), di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, dalam sesi bincang santai bersama beberapa wartawan.

Tak mau dikatakan serta-merta mirip GoJek, GrabExpress mengusung sistem yang sedikit berbeda.

"Kami punya tim khusus untuk GrabExpress. Kami tak menggabungkannya dengan tim pengemudi untuk pengantaran orang," kata Country Head of Marketing Grab Indonesia Kiki Rizki pada kesempatan yang sama.

Diketahui, pada GoJek, pengemudi yang mengantar orang juga dibebankan tugas mengantar barang. Sama halnya dengan pemesanan makanan lewat "Go-Food" dan belanja di "Go-Mart".

Grab punya alasan sendiri untuk tidak melakukan penggabungan serupa. Menurut Kiki, tiap tugas memerlukan keahlian masing-masing yang perlu dilatih dengan cara berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Biar lebih fokus. Kami menghindari kejadian-kejadian seperti pengiriman narkoba dan barang-barang ilegal lainnya. Makanya untuk tim GrabBike fokus mengantar orang. Tim GrabExpress pun fokus dengan pengiriman barang yang sesuai aturan," ia menuturkan.

Selain barang-barang ilegal, GrabExpress menegaskan tidak menerima pengiriman barang pecah-belah yang tidak dikemas dengan baik.

Seluruh pengiriman paket melalui GrabExpress diasuransikan dengan nilai hingga Rp 2 juta. 

Sama seperti layanan GrabBike, GrabExpress bisa diakses di dalam aplikasi GrabTaxi.
Ketika pengguna membuka aplikasi tersebut, keterangan layanan "GrabExpress" akan terpatri di pojok sebelah kanan bawah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.