Punya Mobil dan Motor, Grab "Pede" Hadapi GoJek

Kompas.com - 03/03/2016, 10:35 WIB
Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kiri), saat berbincang santai bersama wartawan di Jakarta, Rabu (2/3/2016) Fatimah Kartini Bohang/ KOMPAS.comManaging Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kiri), saat berbincang santai bersama wartawan di Jakarta, Rabu (2/3/2016)
|
EditorOik Yusuf


JAKARTA, KOMPAS.com —
Industri ride-sharing di Indonesia sedang berkembang pesat. Setidaknya, ada tiga pemain utama yang paling kompetitif, yakni Grab, Uber, dan Go-Jek.

Saat ini, Uber hanya melayani pemesanan kendaraan roda empat, sementara Go-Jek khusus untuk roda dua. Hal tersebut membuat Grab percaya diri mengungguli kedua pesaingnya karena menggabungkan dua jenis kendaraan itu dalam satu layanan.

"Grab adalah layanan pertama di dunia yang menyediakan lini moda transportasi paling banyak. Kekuatan kami adalah fleksibilitas," kata Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Rabu (2/3/2016) di Restoran Seribu Rasa, Jakarta.

Diketahui, Grab memang punya tiga lini pemesanan kendaraan dalam kota, yakni taksi (GrabTaxi), mobil (GrabCar), dan motor (GrabBike).

"Kalau lagi macet dan buru-buru, pengguna bisa pesan GrabBike. Kalau lagi hujan, bisa pesan GrabCar atau GrabTaxi. Pengguna diberi banyak pilihan," ia menuturkan.

Kehadiran UberMoto

Meski begitu, Grab juga perlu mawas diri. Pasalnya, beberapa saat lalu, Uber telah meluncurkan layanan pemesanan roda dua bertajuk "UberMoto" di Thailand.

Tak menutup kemungkinan, layanan itu bakal menyambangi Indonesia. Jika terjadi, fleksibilitas tak lagi eksklusif milik Grab.

Ridzki mengatakan, Grab sudah siap untuk kemungkinan tersebut. Pihaknya sadar, layanan ojek online bisa jadi membeludak pada 2016.

Jika saat ini pemain utamanya cuma GrabBike dan Go-Jek, bisa jadi UberMoto akan turut mendominasi ketika masuk Indonesia.

Maka dari itu, GrabBike memasang target pangsa pasar 50 persen dari yang saat ini masih 35 persen atau masih dirajai Go-Jek. Meski terbilang tak ambisius, target itu sudah diperhitungkan dengan kemunculan pemain kuat baru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X