Navigasi "SmartPath" Bikin Bandara Lebih Aman dan Hemat

Kompas.com - 04/03/2016, 12:09 WIB
Ilustrasi GBAS SmartPath dari Honeywell. Honeywell.Ilustrasi GBAS SmartPath dari Honeywell.
|
EditorOik Yusuf
SINGAPURA, KOMPAS.com - Honeywell, pabrikan dan penyedia sistem penerbangan, menawarkan solusi infrastruktur penerbangan terbarunya yang diklaim lebih canggih, presisi, dan hemat biaya dibandingkan dengan sistem yang dipakai bandara-bandara di Indonesia saat ini.

"Kami sudah berbicara dengan Airnav untuk menyediakan solusi GBAS kami agar bisa dipakai di bandara-bandara besar di Indonesia," kata Paul Neff, Business Development Director Honeywell Asia Pacific saat dijumpai KompasTekno di ajang Singapore Airshow, Februari lalu di Singapura.

GBAS (ground-based augmented system) adalah solusi dan infrastruktur dari Honeywell yang di dalamnya termasuk SmartPath, sistem pemandu pendaratan pesawat yang lebih canggih dari sistem ILS (instrument landing systems) yang banyak dipakai saat ini.

Menurut Paul, GBAS akan cocok diimplementasikan di bandara-bandara di Indonesia yang sibuk, seperti Soekarno-Hatta di Jakarta.

Alih-alih menggunakan frekuensi radio layaknya ILS, GBAS menggunakan panduan satelit GPS untuk mengarahkan pesawat mendarat.

Solusi ini juga diklaim oleh Paul menjadi solusi yang lebih murah, baik dalam hal investasi maupun pemeliharaan jika dibandingkan dengan sistem ILS.

" Bandara hanya butuh satu infrastruktur untuk instrumen pendaratannya, mereka tak perlu memasang ILS di masing-masing ujung runway, biaya perawatannya juga murah" imbuh Paul.

Hemat dan selamat

Saat ditanya berapa investasi yang dibutuhkan untuk memasang GBAS SmartPath dari Honeywell, Paul menolak untuk menyebut angkanya. Ia mengatakan bahwa biaya pemasangan bisa berbeda-beda antar airport, karena banyak faktor, seperti lokasi dan kebutuhan.

Namun Paul mengatakan, sistem SmartPath bisa menghemat biaya perawatan hingga 400.000 dollar AS jika dibandingkan dengan biaya perawatan satu sistem ILS di bandara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X