Telkomsel Antisipasi Pelanggan yang "Eksis" saat Gerhana 9 Maret

Kompas.com - 04/03/2016, 16:03 WIB
Ilustrasi TelkomselIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Telkomsel melakukan serangkaian persiapan jelang peristiwa Gerhana Matahari Total pada Rabu (9/3/2016) mendatang.

Pasalnya, Telkomsel memprediksi akan terjadi peningkatan aktivitas pada layanan seluler seperti suara, SMS, dan khususnya pada layanan data selama peristiwa GMT.

“Dibandingkan dengan hari normal, lalu lintas layanan data diperkirakan akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi bahkan hingga lebih dari 200 persen di beberapa lokasi," kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/3/2016).

"Ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang senang menggunggah momen-momen penting ke social media dalam bentuk foto atau video melalui ponselnya”, imbuhnya.

Penguatan jaringan pun dilakukan Telkomsel di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa penting ini, seperti di Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, dan Halmahera.

Telkomsel mengklaim telah melakukan berbagai persiapan seperti memaksimalkan kapasitas BTS dan menyiagakan sebanyak  10 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian tempat berkumpulnya massa untuk melihat Gerhana Matahari Total.

Pengamanan jaringan juga dilakukan di hotel-hotel tempat wisatawan menginap. Secara total sebanyak 229 BTS dioptimalisasi, yang tersebar di 37 PoI (Point of Interest) atau spot-spot utama yang akan dipadati oleh wisatawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X