Kompas.com - 04/03/2016, 20:01 WIB
WhatsApp Call crackberry.comWhatsApp Call
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - BlackBerry telah mengeluarkan pernyataan soal bakal dihentikannya dukungan aplikasi chatting WhatsApp di BlackBerry OS (BBOS) dan BlackBerry 10 (BB10) pada akhir tahun 2016 mendatang.

Perusahaan asal Kanada tersebut menyatakan bakal terus mencari alternatif lain.

"Kami secara aktif menyelusuri alternatif untuk pengguna BlackBerry saat dukungan WhatsApp Messenger untuk BBOS dan BlackBerry 10 berakhir," ujar juru bicara BlackBerry, seperti dilansir KompasTekno dari Techradar, Jumat (4/3/2016).

Tidak diketahui apa maksud alternatif lain dari BlackBerry tersebut. Bisa saja, saat ini BlackBerry sedang mencari cara agar WhatsApp tidak benar-benar meninggalkan sistem operasi buatan BlackBerry tersebut.

Ada kemungkinan juga, BlackBerry sedang mencari aplikasi chatting pengganti WhatsApp. Namun, dugaan yang ini cukup janggal mengingat BlackBerry sebenarnya sudah memiliki aplikasi pengirim pesan sendiri, yakni BlackBerry Messenger.

Pernyataan dari juru bicara BlackBerry tersebut senada dengan pernyataan perusahaan dalam akun Twitter resminya.

"@WhatsApp di #BB10 & BBOS akan berakhir di 2016. Kami sedang mengerjakan opsi lain," kicau @BlackBerry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Selain itu, BlackBerry membeberkan, tidak sama seperti saudara-saudaranya, smartphone Priv tidak akan ditinggalkan oleh WhatsApp.

"@WhatsApp terus berlanjut di Priv. Dan sudahkah Anda memeriksa cross-platform dan aman BBM?," tweet BlackBerry.


Sebelumnya, WhatsApp menyatakan akan menarik dukungan dari 5 sistem operasi mobile, termasuk BlackBerry dan BlackBerry 10 pada akhir 2016 ini.

Menurut WhatsApp, hal itu dilakukan karena pihaknya ingin fokus ke platform mobile yang masih banyak dipakai saja. WhatsApp pun menyarankan pengguna platform BlackBerry beralih ke Android, iPhone, atau Windows Phone.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.