Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Dicabut Akhir 2016, BlackBerry Memulai Pencarian

Kompas.com - 04/03/2016, 20:01 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Tech Radar
KOMPAS.com - BlackBerry telah mengeluarkan pernyataan soal bakal dihentikannya dukungan aplikasi chatting WhatsApp di BlackBerry OS (BBOS) dan BlackBerry 10 (BB10) pada akhir tahun 2016 mendatang.

Perusahaan asal Kanada tersebut menyatakan bakal terus mencari alternatif lain.

"Kami secara aktif menyelusuri alternatif untuk pengguna BlackBerry saat dukungan WhatsApp Messenger untuk BBOS dan BlackBerry 10 berakhir," ujar juru bicara BlackBerry, seperti dilansir KompasTekno dari Techradar, Jumat (4/3/2016).

Tidak diketahui apa maksud alternatif lain dari BlackBerry tersebut. Bisa saja, saat ini BlackBerry sedang mencari cara agar WhatsApp tidak benar-benar meninggalkan sistem operasi buatan BlackBerry tersebut.

Ada kemungkinan juga, BlackBerry sedang mencari aplikasi chatting pengganti WhatsApp. Namun, dugaan yang ini cukup janggal mengingat BlackBerry sebenarnya sudah memiliki aplikasi pengirim pesan sendiri, yakni BlackBerry Messenger.

Pernyataan dari juru bicara BlackBerry tersebut senada dengan pernyataan perusahaan dalam akun Twitter resminya.

"@WhatsApp di #BB10 & BBOS akan berakhir di 2016. Kami sedang mengerjakan opsi lain," kicau @BlackBerry.


Selain itu, BlackBerry membeberkan, tidak sama seperti saudara-saudaranya, smartphone Priv tidak akan ditinggalkan oleh WhatsApp.

"@WhatsApp terus berlanjut di Priv. Dan sudahkah Anda memeriksa cross-platform dan aman BBM?," tweet BlackBerry.


Sebelumnya, WhatsApp menyatakan akan menarik dukungan dari 5 sistem operasi mobile, termasuk BlackBerry dan BlackBerry 10 pada akhir 2016 ini.

Menurut WhatsApp, hal itu dilakukan karena pihaknya ingin fokus ke platform mobile yang masih banyak dipakai saja. WhatsApp pun menyarankan pengguna platform BlackBerry beralih ke Android, iPhone, atau Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com