Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung dan Apple Akur untuk Satu Hal Ini

Kompas.com - 05/03/2016, 11:42 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Hubungan Samsung dengan Apple seperti hubungan "benci tapi rindu". Di satu sisi mereka berseteru di ruang pengadilan soal sengketa hak paten, namun di sisi lain mereka juga memiliki pendapat yang sama, terutama soal privasi pengguna.

Dalam hal privasi pengguna, Samsung setuju dengan Apple bahwa mereka akan memberikan informasi demi kepentingan penegakan hukum. Namun jika diminta untuk membuka back door programnya alias membuka jalan agar bisa di-hack, hal itu ditakutkan bisa mengurangi kepercayaan pelanggan.

Alasan itu kurang lebih sama dengan yang disampaikan oleh CEO Apple Tim Cook saat Apple dipaksa membuka enkripsi sistem operasi iPhone demi penyelidikan kasus penembakan di San Bernardino oleh biro penyelidik federal AS FBI.

Cook khawatir jika backdoor untuk iPhone 5c yang diminta FBI itu jatuh ke tangan yang salah, semua pemilik iPhone di dunia akan terancam data pribadinya.

Perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, dan Micorosft telah menyatakan dukungannya terhadap sikap Apple yang menolak untuk melonggarkan enkripsi iOS 9.

Namun dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (4/3/2016), hingga kini Samsung belum memutuskan apakah akan memberikan dukungan terhadap Apple atau tidak.

"Melindungi privasi konsumen kami sangatlah penting, namun kami belum memutuskan apakah akan ikut serta memberikan dukungan dalam kasus ini," demikian ujar pernyataan resmi Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com