Kompas.com - 07/03/2016, 12:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Samsung Electronics merilis media penyimpanan solid-state drive (SSD) berkapasitas terbesar di dunia saat ini. Dinamakan PM1633a, perangkat tersebut berkapasitas 15,36 TB.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Computer World, Senin (7/3/2016), Samsung menyatakan bahwa produk ini memiliki form factor yang sama dengan kebanyakan produk sejenis, yakni 2,5 inci.

Hanya saja, ia lebih tebal dari produk-produk lain. Ketebalannya mencapai 15 mm. Biasanya, SSD memiliki dimensi tebal 9 mm, 7 mm, atau 5 mm.

PM1633a sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Flash Memory Summit 2015 pada Agustus lalu. Ia berbasiskan 12 Gb/s Serial Attached SCSI, yang biasanya digunakan untuk sistem penyimpanan enterprise.

Perangkat ini pun dilengkapi dengan kemampuan yang sangat kencang. SSD PM1633a bisa digunakan untuk membaca dan menulis dengan kecepatan hingga 1.200 megabyte per detik.

Angka itu jauh lebih kencang dibanding SSD lain pada umumnya yang paling banter menghasilkan kecepatan transfer di kisaran 500 megabyte per detik.

Samsung menyatakan bahwa produk ini dilengkapi dengan fitur one full drive writes per day (DWPD). Artinya, pengguna bisa menulisi SSD dengan data sejumlah 15,36 TB sesuai kapasitas tampung maksimalnya setiap hari, tanpa perlu takut drive yang bersangkutan bakal rusak.

Samsung sendiri tidak menyebutkan banderol dari SSD dengan kapasitas super besar yang digaransi selama 5 tahun itu. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa ia akan dijual dengan harga mencapai 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 65,2 juta.

Terlalu mahal? Tenang saja, Samsung menyiapkan SSD dengan kapasitas yang lebih kecil lagi, yakni 7,68 TB; 3,84 TB; 1,92 TB; 960 GB; dan 480 GB. Ketiganya diyakini memiliki harga jauh lebih murah dari SSD PM1633a.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.