Kompas.com - 07/03/2016, 14:50 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi teranyar "Android N" digadang-gadang akan meluncur pada ajang tahunan Google I/O, Mei 2016 mendatang. Meski masih dua bulan lagi, screenshot tampilan Android N sudah beredar di jagat maya.

Perubahan tampak pada tampilan notifikasi (notification) dan penyetelan (settings), sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/3/2016).

AndroidPolice screenshot Android N

Pada Android saat ini, notifikasi yang digulirkan akan memperlihatkan sekat berjarak pada tiap-tiap seksi. Sementara pada screenshot Android N, sekat itu dilebur menjadi satu bagian yang hanya dipisah garis tipis. Ikon aplikasi pun dibuat lebih kecil.

AndroidPolice screenshot Android N

Tampilan penyetelan cepat (quick settings) juga sedikit berubah. Seperti notifikasi, sekat-sekat yang membatasi tiap menu juga dikurangi.

Ada tombol "edit" dipatrikan pada pojok kanan bawah. Hal tersebut mengindikasikan Android N bakal meningkatkan kemampuan personalisasi pada antarmuka smartphone.

AndroidPolice screenshot Android N

Pada penyetelan utama (main settings), Android N menempatkan papan status di bagian teratas. Opsi itu memungkinkan pengguna berpindah mode ke "do not disturb" dengan lebih cepat menggunakan menu drop-down.

Lagi-lagi, sekat pada tiap-tiap menu penyetelan dihapuskan. Yang ada hanya sekat antarbagian (wireless&networks, device, personal).

Tiap menu juga memperlihatkan tulisan status di bawahnya. Misalnya kondisi baterai, penggunaan data, dan status layar.

Pelbagai perubahan tersebut masih bersifat sementara. Apakah sama dengan hasil akhir? Kita tunggu saja pada peluncuran Mei mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.