Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Google Doodle Suarakan Harapan dan Impian Kaum Perempuan

Kompas.com - 08/03/2016, 09:24 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (8/3/2016), adalah Hari Perempuan Internasional 2016 atau International Women's Day. Seluruh dunia merayakan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial.

Google pun tak ketinggalan. Raksasa internet itu ikut merayakan Hari Perempuan Internasional 2016 dengan memajang doodle khusus di laman mesin pencari.

Doodle itu terdiri dari karikatur yang menggambarkan 8 orang perempuan dengan harapannya masing-masing, berikut sebuah video yang bisa diputar dengan meng-klik tombol "play".

Tahun 2016 ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari situs Google Doodle, Google ingin agar para perempuan mengutarakan impian dan harapannya melalui tagar #OneDayIWill.

Video yang dipajang Google di doodle ini pun menarik. Google dikatakan mengunjungi 13 negara untuk berbincang dengan 337 perempuan dan meminta mereka untuk menyelesaikan kalimat, "One day I will..." atau "Suatu hari nanti saya akan...".

Sayangnya, karena keterbatasan durasi, hanya ada satu perempuan dari setiap negara yang tampil di video doodle tersebut. Google membagikan hasil-hasil wawancaranya di situs Google Doodle.

Google membeberkan telah berkeliling ke kota San Francisco, Rio de Janeiro, Mexico City, Lagos, Moscow, Kairo, Berlin, London, Paris, Bangkok, New Delhi, dan Tokyo untuk proyek video ini.

Yang istimewa, Google ternyata juga mengunjungi Jakarta untuk merekam video tersebut.

"Saya akan membuat dan bermain action dalam film saya sendiri," ujar seorang perempuan yang tampak memperagakan ilmu bela diri di depan Monumen Nasional, Jakarta.

Video ini sendiri dikerjakan oleh sebuah tim beranggotakan Lydia Nichols, Helene Leroux, dan Liat Ben-Rafael.

Video dari doodle tersebut juga dibagikan di YouTube. Selengkapnya bisa disimak di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com