Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Bisa Simpan Foto Tanpa Batas di Google Photos

Kompas.com - 08/03/2016, 10:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Pemilik iPhone dan iPad kini bisa menyimpan cadangan (backup) koleksi foto di fitur Live Photos perangkatnya ke akun Google Photos.

Dikutip KompasTekno dari Twitter Google Photos, Selasa (8/3/2016), dukungan tersebut mulai diluncurkan Google mulai Senin (7/3/2016) lalu.

Pengguna harus mengunduh aplikasi Google Photos untuk iOS versi terbaru v1.8.0 agar bisa mendapatkan dukungan Live Photos.

Live Photos adalah fitur di perangkat iOS yang bisa merangkai kumpulan foto-foto menjadi klip video pendek. Fitur ini pertama kali diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6s enam bulan lalu.

Sebelumnya, perangkat dengan sistem operasi iOS 9+ atau OS X El Capitan atau di atasnya tidak bisa mengakses Live Photos, terlebih jika foto tersebut ditransfer ke platform yang tidak kompatibel. Hal yang sama juga berlaku untuk file video.

Dengan demikian, layanan backup seperti Google Photos tidak bisa menyimpan data penggunanya.

Apple kemudian membuat Live Photos terbuka untuk beragam platform pada Desember 2015. Semenjak itu, berbagai dukungan pun berdatangan, termasuk dari jejaring sosial Tumblr dan Facebook, dan kini Google Photos.

Keistimewaan melakukan backup Live Photos di Google Photos adalah pengguna bisa mengunggah koleksi foto-fotonya tanpa batas (unlimited).

Jika ingin memiliki foto atau video dengan kualitas resolusi aslinya, pengguna harus memakai Google Photos versi berbayar.

Namun perlu diingat, video Live Photos yang di-backup di Google Photos tidak bisa dilihat atau diakses di aplikasi dan browser, melainkan hanya ditampilkan fotonya saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com