Rahasia Jadi "Selebgram", Cara Raup Untung Lewat Instagram

Kompas.com - 08/03/2016, 11:03 WIB
Kunci sukses menjadi seorang selebgram adalah kelihaian memoles akun Instagram. THINKSTOCKPHOTOSKunci sukses menjadi seorang selebgram adalah kelihaian memoles akun Instagram.
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com
– Kini, Instagram—jejaring sosial khusus foto—tak hanya jadi wadah ekspresi diri dalam bentuk gambar, lantunan kata, juga hashtag atau tanda pagar (tagar). Banyak orang mulai memanfaatkan media ini untuk menjadi "selebram" atau selebriti yang terkenal lewat Instagram.

Seseorang terbilang sukses menjadi selebgram bila akun Instagram miliknya diikuti jutaan follower dan bisa menarik banyak respons, baik berupa likes ataupun komentar. Jika sudah memiliki banyak penggemar seperti ini, biasanya ada saja brand yang ingin menggunakan "ketenaran" selebgram untuk memasarkan produk.

Bak tambang emas, keuntungan yang diraup para selebgram dari bisnis tersebut cukup menjanjikan. Sebagai contoh, seperti dikutip dari dailymoslem.com, seorang selebgram disebut memasang tarif Rp 500.000 sampai Rp 1 juta untuk satu kali endorse atau promosi produk lewat akun Instagram-nya. Kalau ada satu produk saja dikenalkan dalam sehari, si empunya akun bisa meraup untung minimal Rp 15 juta dalam satu bulan. Tergoda?

Jika Anda tertarik menapaki jejak sebagai selebgram, syarat awalnya adalah memiliki jutaan follower dan ratusan tanda cinta. Kunci untuk mendapatkannya adalah kelihaian memoles akun Instagram Anda sendiri.

Soal cara poles akun Instagram, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Berikut ini beberapa di antaranya:

Konten

Akun instagram harus unik dan menampilkan karakter khas Anda. Siapa Anda? Apa minat Anda? Lalu, orang seperti apa yang kira-kira akan menyukai Anda? Mulailah tampil dengan konsep. Jika Anda suka produk kecantikan, misalnya, coba buat tips-tips perawatan muka. Bisa dicoba juga, tambahi tips itu dengan unggahan foto wajah sebelum dan sesudah perawatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu jadi perhatian, konten yang disajikan tak boleh "garing" dan sebaliknya harus selalu memberikan informasi baru. Karena itu, coba terus ikuti kabar tren terkini di bidang yang Anda suka. Buat follower mau merekomendasikan akun Instagram Anda karena info-info yang diunggah memang inspiratif dan menarik.

Intinya, foto-foto yang diunggah di Instagram Anda harus mendorong orang dua kali mengetuk layar sentuh smartphone untuk memberikan tanda hati. Tak lupa pula, gunakan tagar yang populer dan berkaitan dengan konsep Anda pada keterangan foto.

Untuk mengetahui tagar yang sedang hits dibicarakan di Instagram, Anda bisa memanfaatkan aplikasi khusus seperti Webstagram. Namun, jangan berlebihan, gunakan tagar sesuai kebutuhan saja. Keterangan foto yang penuh tagar bakal tak ramah di mata pengunjung akun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X