Anak Jokowi Ikutan Tren "Vlog", Ini Video Pertamanya

Kompas.com - 08/03/2016, 17:48 WIB
Video pertama anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Youtube. YouTubeVideo pertama anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Youtube.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Membagi opini dan aktivitas sehari-hari di ranah maya sudah menjadi kebiasaan masyarakat modern. Formatnya saja yang berubah.

Basis teks adalah konten paling purba. Melalui platform blog, seperti Wordpress dan Blogspot, netizen bebas mengunggah perasaan dan pengalamannya.

Belakangan, kegiatan blogging tak terbatas dengan format teks. Netizen juga bisa berbagi keseharian lewat video. Aktivitas nge-blog via video kerap disebut video-blogging atau disingkat " vlog".

Kegiatan ini mulai ramai dilakukan netizen Indonesia sejak tahun lalu. Komedian Raditya Dika yang sebelumnya aktif sebagai blogger pun mulai beranjak aktif sebagai "vlogger". Ia mengunggah guyonan sehari-hari via YouTube.

Tren vlog diikuti pula oleh Kaesang Pangerep yang tak lain merupakan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo. Pantauan KompasTekno, Selasa (8/3/2016), Kaesang baru mengunggah vlog pertamanya kemarin, Senin (7/3/2016).

Berjudul "Video YouTube Pertama", Kaesang membuka videonya dengan sebuah pengakuan. "Ini video pertama. Aku juga masih belajar ngedit dan ambil gambar," kata dia yang menggunakan kaus abu-abu dan topi bertuliskan #Jomblo.

Diketahui, Kaesang memang kerap curhat soal status jomblonya di media sosial serupa Twitter (@kaesangp) dan Instagram (kaesangp). Curhatan tersebut dilontarkan dengan sisipan guyonan yang menggelitik.


Selanjutnya, Kaesang menceritakan alasannya mengikuti tren vlog. Sebelumnya, Kaesang sempat aktif di blog personalnya bernama Mr. Kacang. Kini blog tersebut sudah jarang diperbarui.

"Nulis itu butuh waktu. Udah males juga sih. Memang bukan keahliannya di situ," kata pria yang sedang mengenyam pendidikan di Singapura tersebut.

"Sebenarnya bikin video juga bukan keahlianku. Tapi kayaknya seru aja. Pengen nambahin kerjaan selain kuliah," ia menambahkan.

Pada video berdurasi 2,5 menit tersebut, Kaesang tak lupa mempromosikan "Markobar". Bisnis martabak tersebut adalah milik sang kakak pertama, Gibran Rakabuming.

Entah Kaesang akan konsisten memperbarui vlog-nya atau tidak. Yang jelas, video pertamanya sudah dilihat lebih dari seribu pengguna YouTube dengan 130 like. Adapun yang berminat mengikuti terus (subscribe) channel Kaesang sudah menembus 170 orang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X