Aplikasi Android Ini "Dilewati" Gerhana Matahari Total 9 Maret

Kompas.com - 08/03/2016, 21:02 WIB
Aplikasi Gerhana EclipseDroid di Play Store. Play StoreAplikasi Gerhana EclipseDroid di Play Store.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — EclipseDroid adalah aplikasi astronomi yang mengalkulasi peristiwa gerhana berdasarkan lokasi pengguna. Pada Rabu (9/3/2016) besok, aplikasi Android ini akan "dilewati" gerhana matahari total (GMT).

Mereka yang tidak bisa melihat langsung peristiwa langka tersebut bisa memantaunya melalui aplikasi ini di perangkat Android.

Aplikasi tersebut akan menginformasikan waktu dan durasi gerhana matahari melewati lokasi pengguna (contact time) dan persentase ketertutupan matahari.

Algoritma gerhana matahari yang dipakai EclipseDroid didasari dari algoritma Java Sript penghitungan gerhana buatan Deirde O'Byrne.

Untuk melihat gerhana matahari di lokasi tertentu, pengguna tinggal memilih lokasi di daftar, memilih lokasi di peta yang disediakan, atau secara otomatis menggunakan GPS.

Mereka juga bisa mengulang dan melihat proses terjadinya gerhana melalui menu mode simulasi di aplikasi EclipseDroid.

Aplikasi juga bisa dipakai untuk memotret gerhana saat berlangsung. EclipseDroid bisa diatur untuk menjalankan aplikasi kamera di smartphone dan mengambil foto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

EclipseDroid bisa diunduh di toko aplikasi Android Play Store melalui tautan berikut ini. Aplikasi berukuran 3,7 megabyte itu telah diunduh sebanyak 50.000 kali dan minimal membutuhkan sistem operasi Android 2.0.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X