Konvergensi Jadi Jawaban XL Axiata di Era Digital

Kompas.com - 10/03/2016, 16:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era dimana perkembangan teknologi digital berjalan begitu cepat, maka konvergensi antara teknologi informasi (IT) dan jaringan (network) sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan penyedia layanan seluler.

Hal inilah yang menjadi fokus PT XL Axiata (XL) Tbk saat ini.

"Dengan semakin meningkatnya penetrasi smartphone dan aplikasi, pelanggan kami tidak hanya memperhatikan layanan voice dan SMS saja, tapi juga layanan data," demikian kata Direktur Independen XL, Yessy D. Yosetya di acara Rapat Umum Pemegang Saham XL, Kamis (10/3/2016) di Jakarta.

"Saya pernah lho dikomplain pelanggan gara-gara dia tidak bisa main (game) Clash of Clans," aku Yessie.

Yessie menjeaskan, alasan XL perlu menggabungkan layanan IT dan jaringannya, tak lain adalah karena perilaku konsumen yang sudah berubah.

"Sekarang lebih ke arah apps, sehingga perlu framework yang end to end," katanya.

End to end di sini yang dimaksud adalah pengalaman lengkap pelanggan dalam berinteraksi dengan dunia digital, baik peranti (device), aplikasi dan jaringannya.

Dengan konvergensi ini, Yessie mengatakan perusahaan bisa melakukan penghematan sebesar 20 hingga 30 persen, selain proses konfigurasi yang menurutnya akan lebih mudah, sekaligus bisa mempercepat inovasi perusahaan seluler menjadi perusahaan teknologi digital.

"Karena itulah di 2016 ini network dan IT akan ke arah konvergensi," tutup Yessie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.