Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvergensi Jadi Jawaban XL Axiata di Era Digital

Kompas.com - 10/03/2016, 16:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era dimana perkembangan teknologi digital berjalan begitu cepat, maka konvergensi antara teknologi informasi (IT) dan jaringan (network) sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan penyedia layanan seluler.

Hal inilah yang menjadi fokus PT XL Axiata (XL) Tbk saat ini.

"Dengan semakin meningkatnya penetrasi smartphone dan aplikasi, pelanggan kami tidak hanya memperhatikan layanan voice dan SMS saja, tapi juga layanan data," demikian kata Direktur Independen XL, Yessy D. Yosetya di acara Rapat Umum Pemegang Saham XL, Kamis (10/3/2016) di Jakarta.

"Saya pernah lho dikomplain pelanggan gara-gara dia tidak bisa main (game) Clash of Clans," aku Yessie.

Yessie menjeaskan, alasan XL perlu menggabungkan layanan IT dan jaringannya, tak lain adalah karena perilaku konsumen yang sudah berubah.

"Sekarang lebih ke arah apps, sehingga perlu framework yang end to end," katanya.

End to end di sini yang dimaksud adalah pengalaman lengkap pelanggan dalam berinteraksi dengan dunia digital, baik peranti (device), aplikasi dan jaringannya.

Dengan konvergensi ini, Yessie mengatakan perusahaan bisa melakukan penghematan sebesar 20 hingga 30 persen, selain proses konfigurasi yang menurutnya akan lebih mudah, sekaligus bisa mempercepat inovasi perusahaan seluler menjadi perusahaan teknologi digital.

"Karena itulah di 2016 ini network dan IT akan ke arah konvergensi," tutup Yessie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com