Kompas.com - 11/03/2016, 09:19 WIB
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel pintar Smartfren Andromax kali ini bukan hanya relatif murah, tapi juga bisa dipakai untuk menjajal teknologi mutakhir, yaitu voice over LTE (VoLTE).

Seperti namanya, VoLTE adalah panggilan suara yang disalurkan melalui jaringan 4G LTE, bukan 2G GSM atau 3G seperti yang biasa dilakukan selama ini.

Keuntungannya, antara lain, VoLTE bisa menghasilkan suara yang lebih jernih karena memiliki kapasitas penghantaran data yang lebih besar. Bisa pula digunakan untuk aplikasi lain seperti video call dengan nomor seluler.

Smartfren sendiri bekerja sama dengan sejumlah produsen untuk membuat seri smartphone Andromax R2 dan E2 yang bisa dipakai untuk bertelepon via jaringan internet 4G LTE.

KompasTekno, Kamis (10/3/2016) kebetulan mendapatkan satu set penjualan Andromax R2, seri yang dengan spesifikasi paling tinggi untuk saat ini.

Kotak penjualan ponsel ini berwarna merah terang. Saat dibuka, pengguna bisa menemukan sebuah ponsel, charger, kabel data, earphone, panduan pemakaian, kartu garansi serta sebuah kartu SIM perdana Smartfren.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Isi kemasan Andromax R2 antara lain ponsel, charger, kabel USB, kartu garansi dan panduan pemakaian, serta sebuah earphone

Ponsel Andromax R2 tersebut memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi HD (720x1280 piksel). Di bagian tepinya terlihat balutan kerangka logam yang memberikan kesan tangguh dan mewah.

Spesifikasi lainnya adalah otak pemrosesan berupa Qualcomm Snapdragon 415 octa core 1,4 GHz, GPU Adreno 405, RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Kamera utamanya setajam 13 megapiksel, dan kamera depan 5 megapiksel.

Pengguna juga bisa menambahkan micro-SD dalam slot yang disediakan di tepi kanan ponsel. Kapasitas micro-SD maksimal yang didukung sebesar 32 GB.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Meskipun dibanderol murah, bodi ponsel ini tak terlihat murahan dengan balutan rangka logam seperti ini

Soal pasokan daya, Smartfren membekali Andromax ini dengan baterai berkapasitas 2320 mAh. Karena memiliki dua slot kartu SIM, pengguna juga bisa memasang kartu milik operator lain di slot kedua.

Dengan semua spesifikasi tersebut, anak usaha Sinarmas tersebut membanderol Andromax R2 seharga Rp 1,7 juta. Berikut ini foto-foto selengkapnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Ponsel ini memiliki kamera 13 megapiksel dengan dual tone LED flash

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Tepi kiri Andromax R2 terdapat slot kartu SIM serta tombol power
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.