Kompas.com - 11/03/2016, 10:55 WIB
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tantangan berternak adalah membersihkan kandang dari kotoran hewan. Pasalnya, aroma hasil pembuangan tersebut bisa memicu rasa mual.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan itu, tiga siswi setingkat SMA dari pesantren Daar El-Qolam menciptakan "Cage Cleaning Robot". Fungsinya membersihkan kotoran hewan dengan kendali jarak jauh.

Cara kerja robot itu mirip mainan mobil yang dikendalikan remote control. Bedanya, Cage Cleaning Robot dikontrol dengan smartphone melalui aplikasi Android "NXT Simple Control".

"Kami cuma pasang bluetooth di robot lalu dihubungkan ke smartphone. Masih sederhana banget," kata salah satu anggota tim, Chairunnisa, kepada KompasTekno, Kamis (10/3/2016), di Kantor Samsung Indonesia, Menara Batavia, Jakarta.

Selanjutnya, robot bisa bergerak ke sana kemari dengan alat motor yang dirakit sendiri. "Kami nggak pakai sensor sama sekali," ujarnya.

Penggodokan robot pun hanya dilakukan selama dua minggu termasuk mendiskusikan ide awal. Menurut pengakuan ketiganya, mendiskusikan ide membutuhkan waktu lebih lama ketimbang merakit tubuh robot.

"Kami pikir kalau untuk tema lingkungan pasti orang lain kepikiran sampah atau tanaman. Nah kami mau cari yang beda, makanya menyasar sektor peternakan. Apalagi kotoran hewan bisa dimanfaatkan sebagai kompos," kata anggota lainnya, Balqis, menjelaskan proses pertukaran ide ketiganya.

Meski begitu, bukan berarti perakitan robot berjalan lancar. Balqis mengatakan timnya sempat kesulitan merancang model robot paling efektif dan efisien menjalankan fungsi sebagai alat pembersih kotoran.

Fatimah Kartini/Kompas.com Robot "Cage Cleaning Bot", Juara 1 Thamrin Olympiad Cup.

Setelah beberapa kali percobaan, bentuk paling ideal pun disepakati. Ukuran robot kurang lebih pas dimasukkan ke dalam kotak sepatu. Dua roda dipasangkan agar robot bisa leluasa berjalan ke sana ke mari.

Di bagian atas terpatri alat pengontrolan NXT yang disematkan bluetooth beserta indikatornya. Lalu di bagian depan ada sebuah katup dengan mekanisme buka-tutup menyamping.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.