Kompas.com - 11/03/2016, 11:31 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Senior Vice President Software Apple Craig Federighi mengatakan, menutup aplikasi yang berjalan di background tidak akan membantu menghemat baterai iPhone.

Federighi mengonfirmasi hal tersebut saat menjawab salah satu e-mail yang ditanyakan oleh pelanggan Apple, "Apakah mematikan aplikasi multitasking iOS bisa menghemat baterai?"

Walau e-mail tersebut sebenarnya ditujukan ke CEO Apple Tim Cook, namun Federighi yang membalasnya.

Dikutip KompasTekno dari 9to5 Mac, Jumat (11/3/2016), jawaban Federighi pun cukup singkat atas pertanyaan tersebut, "No and no". Dengan kata lain, dia menegaskan bahwa aplikasi yang berjalan di background tidak memboroskan baterai iPhone.

Federighi menutupnya dengan berterimakasih kepada si pengirim e-mail karena telah menjadi pelanggan Apple.

Mematikan aplikasi yang berjalan di background (multitasking) biasanya bisa dilakukan dengan cara menekan tombol Home iPhone dua kali dan menutup aplikasi yang sedang berjalan satu per satu. Selama ini, banyak yang percaya itu akan membantu menghemat baterai iPhone.

Dokumen manual Apple sendiri mengatakan, "pada umumnya, tidak perlu memaksa menutup aplikasi kecuali aplikasi itu tidak responsif (hang)."

Apple juga menjelaskan, saat pengguna beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, maka aplikasi yang lain akan berjalan sebentar sebelum akhirnya aplikasi tersebut akan berhenti bekerja.

"Aplikasi yang berada dalam kondisi suspended tidak akan aktif, terbuka, atau mengonsumsi sumber daya sistem," demikian penjelasan Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.