Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mematikan Aplikasi "Background" Menghemat Baterai iPhone?

Kompas.com - 11/03/2016, 11:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Senior Vice President Software Apple Craig Federighi mengatakan, menutup aplikasi yang berjalan di background tidak akan membantu menghemat baterai iPhone.

Federighi mengonfirmasi hal tersebut saat menjawab salah satu e-mail yang ditanyakan oleh pelanggan Apple, "Apakah mematikan aplikasi multitasking iOS bisa menghemat baterai?"

Walau e-mail tersebut sebenarnya ditujukan ke CEO Apple Tim Cook, namun Federighi yang membalasnya.

Dikutip KompasTekno dari 9to5 Mac, Jumat (11/3/2016), jawaban Federighi pun cukup singkat atas pertanyaan tersebut, "No and no". Dengan kata lain, dia menegaskan bahwa aplikasi yang berjalan di background tidak memboroskan baterai iPhone.

Federighi menutupnya dengan berterimakasih kepada si pengirim e-mail karena telah menjadi pelanggan Apple.

Mematikan aplikasi yang berjalan di background (multitasking) biasanya bisa dilakukan dengan cara menekan tombol Home iPhone dua kali dan menutup aplikasi yang sedang berjalan satu per satu. Selama ini, banyak yang percaya itu akan membantu menghemat baterai iPhone.

Dokumen manual Apple sendiri mengatakan, "pada umumnya, tidak perlu memaksa menutup aplikasi kecuali aplikasi itu tidak responsif (hang)."

Apple juga menjelaskan, saat pengguna beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, maka aplikasi yang lain akan berjalan sebentar sebelum akhirnya aplikasi tersebut akan berhenti bekerja.

"Aplikasi yang berada dalam kondisi suspended tidak akan aktif, terbuka, atau mengonsumsi sumber daya sistem," demikian penjelasan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com