Tonton Gerhana, Wisatawan Asing Padati Jaringan Telkomsel

Kompas.com - 11/03/2016, 12:39 WIB
Ilustrasi TelkomselIlustrasi
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Gerhana matahari total yang jatuh pada Rabu (9/3/2016) lalu membuat traffic roaming dan layanan data Telkomsel melonjak. Faktor pendorongnya adalah kunjungan wisatawan asing.

Gerhana matahari total tahun ini memang hanya bisa dilihat dari sejumlah kota di Indonesia, antara lain Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, dan Halmahera (Maba).

Dari seluruh kota itu, seperti disampaikan melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Jumat (11/3/2016), operator pelat merah ini mengalami lonjakan traffic roaming terbesar di Ternate, Belitung dan Palangkaraya.

Traffic roaming di Ternate melonjak 71 persen lebih tinggi dibanding sehari-hari. Pengaksesnya adalah wisatawan asing asal Malaysia, Amerika Serikat dan China.

Di Belitung lonjakan mencapai 44 persen dibanding traffic roaming biasanya. Asalnya adalah pengunjung dari Malaysia, Singapura, China dan Amerika Serikat.

Sedangkan di Palangkaraya terjadi lonjakan 21 persen dibanding traffic roaming sehari-hari karena banyak wisawatan asing asal Malaysia, Swedia dan China.

"Kami mampu melayani dengan baik ribuan pelanggan yang memadati lokasi-lokasi pengamatan gerhana. Pelanggan bahkan tetap bisa menikmati layanan 4G Telkomsel dengan kualitas prima, sekalipun terjadi lonjakan traffic komunikasi," klaim Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sukardi, selain peningkatan pada traffic roaming atau pengguna internasional, dia juga mencatat lonjakan akses data. Pasalnya seiring dengan momen gerhana matahari total, pengguna banyak beraktivitas di media sosial.

Kota-kota yang mengalami peningkatan tertinggi dalam hal akses data ini antara lain adalah Belitung, Ternate dan Palembang.

Sebelumnya sebagai antisipasi lonjakan, Telkomsel mengaku sudah memaksimalkan kapasitas base transceiver station (BTS) di sekitar titik keramaian. Ada juga 10 unit BTS mobile yang disiapkan di sana.

Detilnya, optimalisasi tersebut dilakukan pada 229 unit BTS yang tersebar di 37 titik keramaian tempat berkumpulnya wisatawan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X