Animasi Bukan Cuma Tontonan Bocah!

Kompas.com - 15/03/2016, 07:11 WIB
Lewat film animasi orangtua menjelaskan pada sang anak tentang kebaikan dan keburukan. Sementara itu, si anak pun mendapatkan pendidikan lewat media yang seru. ThinkstockLewat film animasi orangtua menjelaskan pada sang anak tentang kebaikan dan keburukan. Sementara itu, si anak pun mendapatkan pendidikan lewat media yang seru.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Langkahnya tak lagi sekuat dulu. Tak heran, Carl Fredricksen pada hari itu genap berusia 78 tahun.

Di rumah tuanya, Carl hidup sebatang kara. Namun, ia tidak sendiri. Kenangan indah bersama mendiang istri serta mimpi-mimpi mereka menemani Carl dan menguatkannya untuk selalu bangun pada pagi hari.

Lalu, masih ada satu utang yang harus Carl lunasi sebelum menutup usia. Dahulu, ia dan Ellie, sang istri, bercita-cita menerbangkan rumah mereka ke Paradise Falls, sebuah air terjun terindah di Venezuela.

www.pixar.com Film animasi Up produksi Pixar Animation Studio pada 2009

Carl bekerja keras hari demi hari untuk mewujudkan mimpi itu. Petualangan pun dimulai ketika berhasil mengikatkan rumahnya pada beribu-ribu balon gas dan memenuhi mimpinya meski tanpa Ellie lagi.

Bukan cuma buat bocah

Cerita di atas merupakan sepenggal kisah pembuka film Up yang diluncurkan Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures pada 2009. Tak sekadar animasi biasa, lakon ini sangat digemari karena membawa begitu banyak pesan di dalamnya.

Up mengajarkan, apa pun dapat dilakukan asal orang punya tekad kuat dan pantang menyerah. Carl Fredricksen menunjukkan pula, bahwa kehidupan tidak berhenti meski seseorang mencapai usia tertentu, bahkan berusia senja.

Selama ini film animasi kerap salah kaprah diartikan sebagai tontonan anak kecil. Padahal, seperti karya seni umumnya, kisah dalam genre film ini tetap merupakan cermin dari kehidupan dan isu sosial dalam masyarakat.

Tengok juga Inside Out, pemenang Oscar 2016 untuk kategori film animasi. Sekilas, isinya hanya mendongengkan perjalanan seorang gadis kecil. Padahal, sinema keluaran tahun lalu tersebut sejatinya mengajak penonton memahami emosi dan suara-suara dalam pikiran manusia.

Personifikasi

ist Film animasi Inside Out

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X