Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Tinggalkan Uber dan Grab di Tengah Rapat

Kompas.com - 15/03/2016, 15:59 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara hari ini, Selasa (15/3/2016), memanggil penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi, Grab dan Uber, ke kantornya di Gedung Kemenkominfo.

Ketiga pihak rencananya bakal membahas soal permohonan pemblokiran aplikasi Uber dan Grab yang diajukan oleh Kementerian Perhubungan.

Rapat tersebut dilaksanakan tertutup. Selain Menkominfo, informasi yang diterima KompasTekno menyebutkan bahwa rapat juga dihadiri oleh perwakilan Menteri Perhubungan, yaitu Plt. Dirjen Perhubungan Darat Sugihardjo dan Dirjen Aplikasi Informatika Bambang Heru Tjahjono.

Namun sebelum rapat pembahasan tersebut selesai, Rudiantara mendadak meninggalkan lokasi.

"Mohon maaf, bapak (Menkominfo) dipanggil ke istana jadi sekarang mesti ke sana. Rapatnya masih berlangsung, dan nanti (Menkominfo) akan kembali lagi ke sini," ujar seorang staf humas kemenkominfo.

Rapat pembahasan pemblokiran aplikasi Grab dan Uber ini adalah buntut dari surat permohonan yang diajukan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada Menkominfo.

Alasan yang diutarakan Jonan antara lain karena kedua perusahaan ride sharing itu dinilai melanggar Pasal 138 ayat 2 dan Pasal 139 ayat 4 dan Pasal 173 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Jonan juga keberatan karena Uber dan Grab tidak memberi jaminan keamanan atau perlindungan atas penyalahgunaan data pribadi pengguna layanannya.

Baca juga:
Daftar "Dosa-dosa" Uber dan Grab Menurut Kemenhub

Permintaan pemblokiran tersebut ditujukan secara spesifik kepada seluruh layanan serta aplikasi Uber dan GrabCar yang menggunakan mobil berpelat hitam sebagai angkutan umum.

Keberatan Jonan tidak menyasar layanan GrabBike, ojek berbasis aplikasi yang juga ada di dalam aplikasi Grab.

Layanan Grab dan Uber memang kerap memicu kontroversi dari para pelaku bisnis transportasi tradisional.

Pada Senin (14/3/2016) kemarin, misalnya, ribuan pengendara taksi dan angkutan umum lain melakukan demonstrasi menolak kehadiran Grab dan Uber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com