Siapakah "Peneropong Langit" dalam Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 16/03/2016, 08:46 WIB
Astronomi perempuan pertama Caroline Herschel GoogleAstronomi perempuan pertama Caroline Herschel
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini memamerkan ilustrasi bergerak perempuan sedang meneropong langit. Di belakangnya dibubuhi kawanan bintang jatuh. Lantas siapa perempuan tersebut? Hari apa pula yang sedang dirayakan Google?

Perempuan itu tak lain adalah Caroline Herschel, astronom perempuan pertama yang diakui Kerajaan Inggris. Hari ini, Rabu (16/3/2016), menandai hari lahir Herschel ke-266, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs Google Doodle.

Sepanjang hayatnya, Herschel telah menemukan ratusan bintang dan delapan komet. Beberapa komet temuannya dinamai sesuai dengan namanya.

Salah satunya adalah komet Herschel-Rogollet atau "35P" yang ditemukan Herschel pada 21 Desember 1788. Komet tersebut memiliki periode orbit 155 tahun.

Berkat sumbangsihnya di bidang astronomi, Herschel diberikan Golden Medal Royal Astronomical Society pada 1828. 

Tak cuma dalam ilmu perbintangan, Herschel juga jago dalam matematika aljabar. Ia adalah pembuat rumus perhitungan dan konversi dasar dalam pengamatan bintang dan pengukuran jarak astronomi.

Pada 9 Januari 1848, Herschel menghembuskan nafas terakhir. Pun begitu, jasanya masih dikenang dan karyanya masih digunakan hingga sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Googl tak luput mengenang Herschel dengan doodle yang terpampang pada mesin pencari hari ini. Doodle tersebut dibuat oleh ilustrator Juliana Chen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.