Peretas Foto Bugil Jennifer Lawrence Mengaku Bersalah

Kompas.com - 17/03/2016, 08:52 WIB
 Aktris Muda Jennifer Lawrence (25) telah melalui banyak hal dalam hidup. COSMOPOLITAN.COM Aktris Muda Jennifer Lawrence (25) telah melalui banyak hal dalam hidup.
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Akhir 2014 lalu, peredaran foto bugil beberapa artis Hollywood sempat membuat geger jagat maya. Para artis, antara lain Jennifer Lawrence, Lea Michele, dan Kirsten Dunst, ternyata menjadi korban peretasan akun iCloud oleh hacker yang mencuri foto-foto pribadi mereka.

Setelah hampir dua tahun, pria yang diduga sebagai dalang pencurian foto tak senonoh tersebut akhirnya mengaku bersalah atas tindak peretasan yang dituduhkan, sebagaimana dilaporkan Buzzfeed dan dihimpun KompasTekno, Rabu (16/3/2016).

Ia adalah Ryan Collins, peretas berumur 36 tahun yang telah menghimpun foto bugil para artis dalam periode dua tahun, terhitung sejak 2012 hingga 2014.

Pengakuan Collins diumbar Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Menurut jaksa penuntut, Collins menggunakan trik mengelabui target dengan mengirim sebuah e-mail yang didesain khusus agar seakan-akan tampak berasal dari Apple atau Google (phising).

E-mail itu berisi permintaan mengisi username dan password. Dengan begitu, target -atau korban- diharap mau membalas dan memberikan informasi yang diminta.

Sekali saja target merespons, Collins sudah bisa mengakses semua informasi personal sang target. Selain itu, Collins juga menggunakan sebuah program di komputer untuk mengunduh semua konten dari akun iCloud korbannya.

Menurut dokumen pengadilan, Collins telah mengakses 50 akun iCloud dan 72 akun Gmail. Kebanyakan adalah akun milik artis cantik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski mengaku mencuri foto personal para artis, Collins enggan dituduh menyebar foto tersebut ke jagat maya via forum online Reddit dan 4chan. Dari dokumen yang dihimpun jaksa penuntut, memang belum ada bukti kuat yang membenarkan dugaan tersebut.

Atas dakwaan pencurian foto personal, Collins dikenai hukuman penjara lima tahun. Jaksa penuntut pun merekomendasikan masa percobaan selama 18 bulan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BuzzFeed
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.