Diperbarui, Waze di iOS Dilengkapi "Cenayang" Andal

Kompas.com - 17/03/2016, 14:51 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi peta digital Waze untuk iOS mendapat pembaruan (update) pada Kamis (17/3/2016). Pada Waze versi 4.3 ini, aplikasi tersebut kedatangan fitur "cenayang".

Fitur tersebut oleh pihak Waze disebut sebagai Planned Drives. Bak seorang cenayang, fitur ini mampu meramalkan dan merekomendasikan waktu terbaik bagi pengguna untuk berangkat ke tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Pengguna tinggal memasukkan informasi perjalanan, termasuk destinasi, tanggal, dan waktu kapan harus tiba di destinasi tersebut.

Pengguna juga harus memasukkan informasi, kapan perjalanan itu mau dijalankan. Menariknya, pengguna bisa melakukan perencanaan hingga satu minggu ke depan.

Setelah informasi itu didapatkan, fitur Planned Drives akan merekomendasikan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan. Saat waktu perjalanan semakin dekat, aplikasi Waze akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk segera berangkat.

Sistem Planned Drives juga akan terus memantau lalu lintas dan cuaca ketika waktu perjalanan yang direkomendasikan semakin dekat. Jika lalu lintas padat dan cuaca buruk, sistem bisa saja merubah notifikasi dengan meminta pengguna berjalan lebih awal.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers Waze, Planned Drives juga menyediakan rekomendasi grafis yang mengilustrasikan tingkat kemacetan 7 hari ke depan.

Untuk menghitung kalkulasi waktu keberangkatan terbaik, Waze memperhitungkan kondisi jalanan berdasarkan algoritma cerdas, pengumpulan riwayat lalu lintas, dan analisis prediktif.

Selain itu, di pembaruan ini, ada juga fitur Send ETA, yang berguna untuk mengirimkan perkiraan waktu tiba kepada pihak lain.

Lucunya, meskipun Waze dimiliki oleh Google, fitur "cenayang" ini baru tersedia di iOS. Fitur tersebut baru dijanjikan segera hadir di Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.