Google Perkenalkan Platform Iklan Khusus UKM "AdWords Express"

Kompas.com - 17/03/2016, 15:05 WIB
Google AdWords VentureBeatGoogle AdWords
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Google Indonesia akhirnya memboyong platform beriklan "AdWords Express" ke tanah air. Fungsinya kurang lebih sama dengan "AdWords", yakni membantu para pebisnis menjangkau khalayak online dengan beriklan di platform Google.  

Hanya saja, AdWords Express sifatnya lebih mobile dan praktis. Ketersediaan AdWords Express sendiri di Indonesia sebenarnya sudah sejak akhir Januari lalu. Namun baru hari ini, Kamis (17/3/2016), Google benar-benar mengumumkannya secara resmi.

Secara spesifik, Product Marketing Manager Small Medium Business Google Indonesia Mira Sumanti menjabarkan perbedaan AdWords Express dan AdWords yang lebih dikenal sebelumnya.

Pertama-tama bisa dilihat dari skala usaha. AdWords Express lebih menyasar Usaha Kecil Menengah (UKM), sementara AdWords menyasar semua jenis usaha.

Pasalnya, AdWords Express bisa dioperasikan dengan biaya lebih efisien. Alat-alat beriklannya lebih sederhana sehingga tak perlu tenaga kerja khusus untuk mengolahnya.

"Nggak perlu punya pengalaman digital marketing. Dikerjain sendiri tanpa ada tim marketing khusus juga bisa," kata Mira.

Sementara AdWords lebih ruwet karena alat-alat beriklannya bisa dimodifikasi dan menyasar khalayak yang lebih tersegmentasi. Alhasil, perlu ada tim yang berpengalaman untuk mengolahnya.

Kedua, AdWords Express lebih bersifat mobile. Untuk beriklan melalui AdWords Express, pebisnis bisa mendaftar via aplikasi mobile dengan antarmuka yang lebih ramah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nggak sampai 15 menit, iklan langsung jadi. Tahapannya jauh lebih simpel," kata Mira. "Untuk memonitor efektivitas iklan pun bisa dilakukan via mobile," ia menambahkan.

Lain halnya pada AdWords. Tahapan-tahapan yang lebih banyak mengharuskan pendaftaran bisnis melalui AdWords dilakukan di desktop. Untuk memonitor efektivitasnya barulah bisa dilakukan via aplikasi mobile.

Ketiga, AdWords Express bersifat otomatis. Variabel untuk menjaring impresi di AdWords Express cuma didasarkan pada rentang jarak dan lokasi.

Lain halnya dengan AdWords. Variabel atau alat beriklannya lebih bisa diutak-atik atau bersifat kustom. Dengan begitu, khalayak yang terpapar iklan lewat AdWords akan lebih spesifik.

Terlepas dari perbedaan tersebut, Mira menggarisbawahi bahwa AdWords Express maupun AdWords memberlakukan sistem pembayaran yang fleksibel. "Impresi bersifat gratis. Pebisnis baru dikenai biaya saat iklan yang terpampang diklik netizen," Mira menuturkan.

Aplikasi AdWords Express bisa diunduh lewat toko aplikasi Apple App Store maupun Google Play Store.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.