Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perkenalkan Platform Iklan Khusus UKM "AdWords Express"

Kompas.com - 17/03/2016, 15:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google Indonesia akhirnya memboyong platform beriklan "AdWords Express" ke tanah air. Fungsinya kurang lebih sama dengan "AdWords", yakni membantu para pebisnis menjangkau khalayak online dengan beriklan di platform Google.  

Hanya saja, AdWords Express sifatnya lebih mobile dan praktis. Ketersediaan AdWords Express sendiri di Indonesia sebenarnya sudah sejak akhir Januari lalu. Namun baru hari ini, Kamis (17/3/2016), Google benar-benar mengumumkannya secara resmi.

Secara spesifik, Product Marketing Manager Small Medium Business Google Indonesia Mira Sumanti menjabarkan perbedaan AdWords Express dan AdWords yang lebih dikenal sebelumnya.

Pertama-tama bisa dilihat dari skala usaha. AdWords Express lebih menyasar Usaha Kecil Menengah (UKM), sementara AdWords menyasar semua jenis usaha.

Pasalnya, AdWords Express bisa dioperasikan dengan biaya lebih efisien. Alat-alat beriklannya lebih sederhana sehingga tak perlu tenaga kerja khusus untuk mengolahnya.

"Nggak perlu punya pengalaman digital marketing. Dikerjain sendiri tanpa ada tim marketing khusus juga bisa," kata Mira.

Sementara AdWords lebih ruwet karena alat-alat beriklannya bisa dimodifikasi dan menyasar khalayak yang lebih tersegmentasi. Alhasil, perlu ada tim yang berpengalaman untuk mengolahnya.

Kedua, AdWords Express lebih bersifat mobile. Untuk beriklan melalui AdWords Express, pebisnis bisa mendaftar via aplikasi mobile dengan antarmuka yang lebih ramah.

"Nggak sampai 15 menit, iklan langsung jadi. Tahapannya jauh lebih simpel," kata Mira. "Untuk memonitor efektivitas iklan pun bisa dilakukan via mobile," ia menambahkan.

Lain halnya pada AdWords. Tahapan-tahapan yang lebih banyak mengharuskan pendaftaran bisnis melalui AdWords dilakukan di desktop. Untuk memonitor efektivitasnya barulah bisa dilakukan via aplikasi mobile.

Ketiga, AdWords Express bersifat otomatis. Variabel untuk menjaring impresi di AdWords Express cuma didasarkan pada rentang jarak dan lokasi.

Lain halnya dengan AdWords. Variabel atau alat beriklannya lebih bisa diutak-atik atau bersifat kustom. Dengan begitu, khalayak yang terpapar iklan lewat AdWords akan lebih spesifik.

Terlepas dari perbedaan tersebut, Mira menggarisbawahi bahwa AdWords Express maupun AdWords memberlakukan sistem pembayaran yang fleksibel. "Impresi bersifat gratis. Pebisnis baru dikenai biaya saat iklan yang terpampang diklik netizen," Mira menuturkan.

Aplikasi AdWords Express bisa diunduh lewat toko aplikasi Apple App Store maupun Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com