Tiga Aplikasi Lokal Dapat Dukungan dari Operator Seluler Indonesia

Kompas.com - 18/03/2016, 09:31 WIB
Menkominfo Rudiantara (berbaju putih) bersama dengan para petinggi penyelenggara telekomunikasi seluler Indonesia (Telkom, Telkomsel, Indosat, Tri, XL Axiata, dan Smartfren) saat mengumumkan dukungan kepada tiga OTT lokal di Jakarta, Kamis (17/3/2016). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comMenkominfo Rudiantara (berbaju putih) bersama dengan para petinggi penyelenggara telekomunikasi seluler Indonesia (Telkom, Telkomsel, Indosat, Tri, XL Axiata, dan Smartfren) saat mengumumkan dukungan kepada tiga OTT lokal di Jakarta, Kamis (17/3/2016).
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengumumkan dukungannya kepada tiga aplikasi OTT (over the top/aplikasi yang berjalan di atas jaringan internet milik operator telekomunikasi) buatan Indonesia. Ketiga aplikasi lokal tersebut adalah Catfiz, Sebangsa, dan Qlue.

"Langkah ATSI ini selaras dengan tujuan pemerintah untuk mengembangkan aplikasi OTT lokal lebih mendunia," ujar Ketua Umum ATSI, Alexander Rusli di acara pengumuman di Jakarta, Kamis (18/3/2016).

ATSI yang terdiri atas Telkom, Telkomsel, Indosat, Hutchinson Tri, XL Axiata, dan Smartfren, akan memberikan dukungan agar ketiga OTT tersebut di atas lebih banyak dikenal oleh pelanggan masing-masing.

"Dengan promosi yang dilakukan masing-masing operator kepada jutaan pelanggannya, maka penyebaran OTT ini tidak akan ada masalah," imbuh Alexander Rusli  yang juga merupakan CEO Indosat itu.

Sementara Ongki Kurniawan selaku panitia penyeleksi OTT lokal ini menjelaskan, bentuk dukungan yang akan diberikan operator adalah dalam hal awareness (kesadaran) pelanggan bahwa aplikasi OTT lokal itu ada.

"Dukungannya masih berupa awareness, dalam bentuk SMS blast, inventory product digital masing-masing operator, serta memuat logo dalam setiap materi promosi operator," kata Ongki.

Ongki menjelaskan, untuk tahun ini ATSI membatasi kategori OTT lokal untuk platform social messaging, karena menurutnya kategori aplikasi tersebut yang memiliki dampak besar bagi masyarakat.

Catfiz, Sebangsa, dan Qlue adalah tiga aplikasi social messaging buatan lokal. Catfiz dan Sebangsa memiliki model yang sama, yaitu campuran antara aplikasi pesan instan sekaligus jejaring sosial. Sementara Qlue adalah jejaring sosial untuk melaporkan permasalahan kota.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X