Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Sayembara Bekraf Jadi Maskot Asian Games 2018, Gantikan Drawa

Kompas.com - 18/03/2016, 11:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan sayembara maskot Asian Games 2018.

Triawan Munaf, Ketua Bekraf, berkata bahwa hasil karya dari pemenang sayembara ini nantinya akan menjadi maskot resmi Asian Games 2018. Itu artinya, karya pemenang bakal menggantikan maskot bernama Drawa, yang banyak dicibir netizen beberapa waktu lalu.

Twitter Drawa, maskot Asian Games 2018

"Ya, nanti karya pemenang akan digunakan sebagai maskot resmi Asian Games 2018," ujar Triawan saat berbincang dengan KompasTekno seusai acara pemaparan survei "Studi Konsumsi Media Online" di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Selain kebanggaan karena karyanya menjadi maskot resmi ajang internasional, pemenang sayembara ini juga akan mendapatkan hadiah uang tunai. Besarnya mencapai Rp 100 juta, dikurangi pajak.

Menurut Triawan, nominal hadiah tersebut memang sepatutnya didapatkan oleh pemenang. "Ini brand identity sebuah acara. Memang tidak akan murah untuk masalah ini," paparnya.

Lebih lanjut, Triawan juga menjelaskan mengapa sayembara ini lama diadakan. Menurutnya, hal tersebut bisa terjadi karena proses pengadaan sayembara ini memang panjang.

"Tidak gampang bikin peraturan dan persyaratan (sayembara). Menetapkan anggaran juga (sulit)," ujarnya.

Maskot Drawa sendiri sudah diperkenalkan pada 27 Desember 2015 lalu. Sehari setelah pengenalan itu, maskot tersebut langsung banyak mendapat reaksi negatif dari pengguna internet di Indonesia.

Sayembara ini sendiri baru diumumkan tiga bulan setelahnya, tepatnya pada pertengahan bulan Maret ini.

Sayembara tersebut masih bisa diikuti hingga 31 Maret 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.