Google Maps Sertakan Perbandingan Ongkos "Ride Sharing"

Kompas.com - 19/03/2016, 11:17 WIB
Screenshot tampilan aplikasi Maps setelah terintegarsi dengan layanan taksi The VergeScreenshot tampilan aplikasi Maps setelah terintegarsi dengan layanan taksi
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Google memperbarui aplikasi peta Maps dengan tambahan informasi mengenai beberapa layanan ride sharing. Isinya antara lain berupa perkiraan tarif serta waktu tempuh kendaraan tersebut.

Raksasa mesin pencari itu memang sudah lama menyematkan berbagai informasi cara mencapai suatu lokasi. Pilihannya antara lain berjalan, bersepeda, atau memakai transportasi publik.

Beberapa waktu lalu, Google hanya menyematkan informasi mengenai durasi perjalanan dan tarif dari satu layanan ride sharing saja, yakni Uber. Namun kini ada lima layanan serupa dari lima negara berbeda yang ditambahkan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/3/2016), ride sharing yang baru dintegrasikan adalah 99 Taxis di Brazil, Ola Cabs di India, Hailo di Inggris dan Spanyol, mytaxi di Jerman dan Spanyol, Gett di Inggris, dengan jumlah total sebanyak enam layanan termasuk Uber.

Langkah Google ini bisa diartikan bahwa raksasa mesin pencari itu ingin aplikasi Maps menjadi titik pusat untuk semua orang yang membutuhkan informasi transportasi.

Bayangkan, ketika pengguna membuka aplikasi peta dan mencari jalan menuju ke suatu lokasi, Maps bisa menampilkan perbandingan harga, jarak dan prediksi waktu tempuh Uber, Ola Cabs atau transportasi umum yang lain.

Pengguna bisa melihatnya dan menimbang layanan yang lebih sesuai dengan kondisinya. Sedangkan perusahaan ride sharing bisa berkompetisi dengan perbedaan harga atau waktu tempuh.

Ekspansi Google untuk menampilkan informasi tersebut sebuah langkah awal. Mereka bisa saja memperluasnya lagi ke negara atau layanan ride sharing lain.

Tapi untuk saat ini, tidak ada satu pernyataan pun yang menyebut Google akan menghadirkan integrasi ride sharing dengan Maps di negara lain. Indonesia sendiri belum kebagian.

Google Maps di Tanah Air baru menampilkan layanan Uber saja, yang akan muncul ketika pegguna memilih moda berjalan kaki (bukan naik mobil atau angkutan umum) di aplikasi Maps.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X