Juni, Aplikasi Windows 10 Bisa Jalan di Xbox One

Kompas.com - 20/03/2016, 08:51 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Microsoft punya rencana untuk memuat semua aplikasi Windows 10 bisa dijalankan oleh konsol game Xbox One. Rencana tersebut akan mulai diwujudkan pada Juni atau sekitar pertengahan tahun ini.

Informasi tersebut diumumkan oleh Principal Group Program Manager, Microsoft Game Studios at Microsoft Jason Ronald dalam acara Game Developer Conference.

Desas-desus soal rencana itu memang sudah lama terdengar, namun baru kali ini Microsoft jelas-jelas menyebutkan waktu peluncurannya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (18/3/2016), informasinya baru soal waktu peluncuran saja. Microsoft belum mengungkap cara kerja toko aplikasi Windows dan Xbox One nanti serta soal kurasi aplikasi yang bakal mereka terapkan.

Sebelumnya, raksasa software itu sudah lama berniat mempermudah proses pengembangan aplikasi untuk Windows. Caranya dengan menerapkan strategi aplikasi universal.

Pengembang aplikasi Windows bisa membuat satu aplikasi yang bisa dipakai oleh PC, tablet, ponsel, dan Xbox, hanya dengan menyematkan kode untuk penyesuaian ukuran layar saja sesuai dengan perangkat yang dipakai.

Tantangan terbesarnya adalah mengadaptasi aplikasi dari ponsel ke Xbox One. Cara menangani aplikasi untuk konsol game tentu sangat jauh berbeda dengan ponsel, terutama soal memastikan konsistensi kualitasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.