Sempat Dirahasiakan, Lippo Ternyata Investor di Grab

Kompas.com - 21/03/2016, 12:57 WIB
CEO Grab Antony Tan (kiri) dan Direktur Lippo Group John Riady GrabCEO Grab Antony Tan (kiri) dan Direktur Lippo Group John Riady
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Layanan transportasi mobil dan motor berbasis aplikasi, Grab, Senin (21/3/2016), mengumumkan telah menjalin kemitraan strategis dengan Lippo Group selaku pemilik layanan e-commerce MatahariMall.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Grab akan menyediakan jasa transportasi dan pengiriman untuk meningkatkan layanan online-offline dari MatahariMall.

Kepada Tech In Asia, Direktur Lippo Group John Riady turut mengungkapkan bahwa Lippo adalah salah satu investor di Venturra Capital (VC) yang menanam modal di Grab sejak awal. Nilai investasi VC, dalam hal ini Lippo Group berada di dalamnya, sebesar 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun).

Namun, John tidak menyebut nilai investasi Lippo Group di VC tersebut.

Investasi ini sebelumnya dirahasiakan, kemungkinan terkait dengan status Grab yang selama ini belum jelas, hingga belakangan ditegaskan melalui keharusan membentuk koperasi.

Di Indonesia, Grab mengoperasikan tiga jenis layanan yang berbeda moda, yakni taksi (GrabTaxi), mobil rental (GrabCar), dan ojek (GrabBike).

Layanan GrabCar bersaing dengan penyedia jasa sejenis, yakni UberX. Sementara itu, layanan GrabBike merupakan rival berat Go-Jek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Grab mengklaim bahwa GrabCar dan GrabBike telah menguasai pangsa pasar lebih dari 50 persen di segmen masing-masing.

KompasTekno telah menghubungi pihak Grab terkait berita ini. Namun, mereka belum bersedia memberikan komentar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.