Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Dirahasiakan, Lippo Ternyata Investor di Grab

Kompas.com - 21/03/2016, 12:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Layanan transportasi mobil dan motor berbasis aplikasi, Grab, Senin (21/3/2016), mengumumkan telah menjalin kemitraan strategis dengan Lippo Group selaku pemilik layanan e-commerce MatahariMall.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Grab akan menyediakan jasa transportasi dan pengiriman untuk meningkatkan layanan online-offline dari MatahariMall.

Kepada Tech In Asia, Direktur Lippo Group John Riady turut mengungkapkan bahwa Lippo adalah salah satu investor di Venturra Capital (VC) yang menanam modal di Grab sejak awal. Nilai investasi VC, dalam hal ini Lippo Group berada di dalamnya, sebesar 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun).

Namun, John tidak menyebut nilai investasi Lippo Group di VC tersebut.

Investasi ini sebelumnya dirahasiakan, kemungkinan terkait dengan status Grab yang selama ini belum jelas, hingga belakangan ditegaskan melalui keharusan membentuk koperasi.

Di Indonesia, Grab mengoperasikan tiga jenis layanan yang berbeda moda, yakni taksi (GrabTaxi), mobil rental (GrabCar), dan ojek (GrabBike).

Layanan GrabCar bersaing dengan penyedia jasa sejenis, yakni UberX. Sementara itu, layanan GrabBike merupakan rival berat Go-Jek.

Grab mengklaim bahwa GrabCar dan GrabBike telah menguasai pangsa pasar lebih dari 50 persen di segmen masing-masing.

KompasTekno telah menghubungi pihak Grab terkait berita ini. Namun, mereka belum bersedia memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com