Kompas.com - 22/03/2016, 01:18 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan smartphone teranyar bertajuk "iPhone SE". Produk tersebut menandai debut iPhone tanpa nomor model, setelah Apple pertama kali meluncurkan smartphone pada 2007 silam.

Seperti bocoran yang beredar, iPhone edisi spesial ini mengusung layar 4 inci. Ada alasan khusus Apple kembali memproduksi iPhone berlayar kecil.

Menurut Vice President Apple Greg Joswiak, ponsel 4 inci masih diminati banyak orang. Rata-rata dari mereka membeli iPhone seri terdahulu yang spesifikasinya belum secanggih iPhone keluaran baru.

"Tahun lalu iPhone 4 inci terjual 30 juta unit," kata dia pada acara peluncuran di Cupertino Hall, AS, Selasa (22/3/2016) dinihari WIB, sebagaimana disaksikan KompasTekno via live streaming.

Perpaduan iPhone 5S dan 6S

iPhone SE hadir sebagai ponsel kecil berspesifikasi besar. Desainnya dicaplok dari iPhone 5S dengan spesifikasi mirip iPhone 6S.

Baca: Berapa Harga iPhone SE?

Salah satu spesifikasi yang identik dengan iPhone 6S adalah prosesor A9 64 bit dipadankan dengan prosesor motion M9. Dukungan asisten digital Siri pun sudah "hands-free" alias mumpuni dengan perintah suara saja.

Dari segi kamera, iPhone SE mengandalkan lensa berkualitas 12 megapiksel dengan dual flash dan focus pixels. Fitur tersebut diharapkan mampu menghasilkan bidikan gambar yang lebih jernih dan natural.

Untuk mode panorama, kamera iSight pada iPhone SE menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 63 megapiksel. Selain itu, dukungan "live photos" yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 6S pun tersedia pada iPhone kecil ini.

Koneksinya sudah mendukung jaringan LTE dengan kecepatan hingga 150 Mbps atau 50 persen lebih cepat dibandingkan iPhone 5S. Fitur VoLTE sudah tersedia pula.

Belum jelas kapan iPhone "kecil-kecil cabe rawit" tersebut bakal diboyong ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.