Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Luncurkan iPhone SE, Ponsel Kecil Spesifikasi Tangguh

Kompas.com - 22/03/2016, 01:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan smartphone teranyar bertajuk "iPhone SE". Produk tersebut menandai debut iPhone tanpa nomor model, setelah Apple pertama kali meluncurkan smartphone pada 2007 silam.

Seperti bocoran yang beredar, iPhone edisi spesial ini mengusung layar 4 inci. Ada alasan khusus Apple kembali memproduksi iPhone berlayar kecil.

Menurut Vice President Apple Greg Joswiak, ponsel 4 inci masih diminati banyak orang. Rata-rata dari mereka membeli iPhone seri terdahulu yang spesifikasinya belum secanggih iPhone keluaran baru.

"Tahun lalu iPhone 4 inci terjual 30 juta unit," kata dia pada acara peluncuran di Cupertino Hall, AS, Selasa (22/3/2016) dinihari WIB, sebagaimana disaksikan KompasTekno via live streaming.

Perpaduan iPhone 5S dan 6S

iPhone SE hadir sebagai ponsel kecil berspesifikasi besar. Desainnya dicaplok dari iPhone 5S dengan spesifikasi mirip iPhone 6S.

Baca: Berapa Harga iPhone SE?

Salah satu spesifikasi yang identik dengan iPhone 6S adalah prosesor A9 64 bit dipadankan dengan prosesor motion M9. Dukungan asisten digital Siri pun sudah "hands-free" alias mumpuni dengan perintah suara saja.

Dari segi kamera, iPhone SE mengandalkan lensa berkualitas 12 megapiksel dengan dual flash dan focus pixels. Fitur tersebut diharapkan mampu menghasilkan bidikan gambar yang lebih jernih dan natural.

Untuk mode panorama, kamera iSight pada iPhone SE menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 63 megapiksel. Selain itu, dukungan "live photos" yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 6S pun tersedia pada iPhone kecil ini.

Koneksinya sudah mendukung jaringan LTE dengan kecepatan hingga 150 Mbps atau 50 persen lebih cepat dibandingkan iPhone 5S. Fitur VoLTE sudah tersedia pula.

Belum jelas kapan iPhone "kecil-kecil cabe rawit" tersebut bakal diboyong ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com