Kompas.com - 22/03/2016, 01:59 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan ponsel teranyar bertajuk "iPhone SE" di kantornya di Cupertino, AS, Senin (21/3/2016) pagi waktu setempat, atau Selasa (23/3/2016) dini hari WIB.

Oleh Apple, iPhone SE digadang-gadang sebagai smartphone 4 inci terbaik di industri saat ini. Pasalnya, ponsel tersebut mengadopsi spesifikasi 6S dalam tubuh 5S. Pun dengan kemampuan demikian, harga yang dipatok Apple relatif murah.

Untuk kapasitas memori 16 GB, iPhone SE dibanderol 399 dollar AS atau setara 5,2 jutaan. Jika merasa tak cukup, pengguna diberi pilihan kapasitas memori 64 GB dengan harga 499 dollar AS atau setara Rp 6,5 jutaan.

Harga tersebut jauh di bawah iPhone 6S yang dihargai 649 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 jutaan (16 GB) dan 849 dollar AS atau setara Rp 12,1 jutaan (64 GB).

ist Harga iPhone SE.

Menurut Vice President Apple, Greg Joswiak, iPhone SE menjawab kebutuhan peminat ponsel kecil yang menuntut spesifikasi tangguh.

"Masih banyak orang yang mencari iPhone 4 inci. Akhirnya mereka membeli iPhone seri dulu," kata Joswiak pada acara peluncuran di Cupertino Hall, AS, sebagaimana dipantau KompasTekno via live streaming.

Fitur-fitur iPhone SE

Sama seperti iPhone 6S, iPhone SE mengusung prosesor A9 64 bit dipadankan dengan prosesor motion M9. Dukungan asisten digital Siri pun sudah "hands-free" alias mumpuni dengan perintah suara saja.

Kameranya berkualitas 12 megapiksel, dilengkapi dual flash dan focus pixels untuk pembidikan gambar yang lebih jernih dan natural. Selain itu, dukungan "live photos" yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 6S pun tersedia pada iPhone kecil ini.

Konektivitas iPhone SE dianggap pas menjawab kebutuhan aktivitas digital masa kini. Dengan dukungan jaringan LTE berkecepatan hingga 150 Mbps, iPhone SE diklaim 50 persen lebih unggul ketimbang iPhone 5S. Apalagi, fitur VoLTE juga sudah tersedia.

iPhone SE tersedia dalam empat varian, yakni abu-abu, silver, emas, dan rose gold. Pemesanan sudah bisa dilakukan mulai 24 Maret dan per 31 Maret 2016 sudah tersedia di beberapa negara. Belum jelas apakah Indonesia termasuk atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.