Kompas.com - 22/03/2016, 12:29 WIB
Penulis Farid Assifa
|
EditorReska K. Nistanto
PROBOLINGGO, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren) melakukan uji jaringan 4G LTE Advanced dengan menyusuri daerah-daerah di Jawa Timur mulai dari Sidorarjo, Surabaya, Pasuruan hingga Probolinggo, Senin (21/3/2016).

Uji coba jaringan menggunakan ponsel Andromax R2 dengan alat ukur kinerja, nPerf. Aplikasi tersebut menurut Smartren dipilih karena menjamin hasil yang akurat dan tidak bias.

Ada beberapa hal yang diuji melalui aplikasi ini, yakni browsing internet, video streaming dan mengunggah foto di jejaring sosial. Bagaimana kinerja jaringan 4G Smartfren saat pengujian?

Uji jaringan oleh sejumlah wartawan termasuk Kompas.com, dimulai dari titik Wonokromo, Surabaya. Hasilnya, nilai performa browsing 55,58 persen, sementara streaming 92,08 persen.

Makin tinggi persentase performa browsing dan streaming, makin cepat halaman situs dibuka atau video diputar.

Memasuki wilayah Cangkring Beji, Pasuruan, hasil uji jaringan menunjukkan nilai performa browsing 57,17 persen dan streaming 87,73 persen.

Di Sumberasih, Probolinggo, nilai performa browsing agak menurun, yakni 43,51 persen dan performa streaming 85,11 persen.

Selain menggunakan aplikasi nPerf, uji jaringan 4G Advanced Smartfren dari Surabaya ke Probolinggo juga menggunakan aplikasi Speedtest Ookla.

Hasilnya, 47,4 persen kualitas data termasuk dalam kategori Fair, 14,54 persen Weak dan 38,07 persen Good.

Deliusno/Kompas.com Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren memaparkan hasil uji jaringan Smartfren di Medan, Rabu (2/12/2015).
Tiga dari belasan wartawan sempat mengeluhkan proses unduh yang cukup lama saat berada di Pasuruan. Menurut Munir Syahda Prabowo, VP Special Project Network PT Smartfren Telecom, masalah itu termasuk kasuistik. Artinya itu tidak menunjukkan masalah secara keseluruhan.

"Namun demikian, kami tetap akan memperbaiki hal itu sehingga ke depan jika melewati Pasuruan masalah itu tidak terjadi lagi," ujar Munir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.