Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Sidoarjo ke Probolinggo, Bagaimana Sinyal 4G Smartfren?

Kompas.com - 22/03/2016, 12:29 WIB
Farid Assifa

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren) melakukan uji jaringan 4G LTE Advanced dengan menyusuri daerah-daerah di Jawa Timur mulai dari Sidorarjo, Surabaya, Pasuruan hingga Probolinggo, Senin (21/3/2016).

Uji coba jaringan menggunakan ponsel Andromax R2 dengan alat ukur kinerja, nPerf. Aplikasi tersebut menurut Smartren dipilih karena menjamin hasil yang akurat dan tidak bias.

Ada beberapa hal yang diuji melalui aplikasi ini, yakni browsing internet, video streaming dan mengunggah foto di jejaring sosial. Bagaimana kinerja jaringan 4G Smartfren saat pengujian?

Uji jaringan oleh sejumlah wartawan termasuk Kompas.com, dimulai dari titik Wonokromo, Surabaya. Hasilnya, nilai performa browsing 55,58 persen, sementara streaming 92,08 persen.

Makin tinggi persentase performa browsing dan streaming, makin cepat halaman situs dibuka atau video diputar.

Memasuki wilayah Cangkring Beji, Pasuruan, hasil uji jaringan menunjukkan nilai performa browsing 57,17 persen dan streaming 87,73 persen.

Di Sumberasih, Probolinggo, nilai performa browsing agak menurun, yakni 43,51 persen dan performa streaming 85,11 persen.

Selain menggunakan aplikasi nPerf, uji jaringan 4G Advanced Smartfren dari Surabaya ke Probolinggo juga menggunakan aplikasi Speedtest Ookla.

Hasilnya, 47,4 persen kualitas data termasuk dalam kategori Fair, 14,54 persen Weak dan 38,07 persen Good.

Deliusno/Kompas.com Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren memaparkan hasil uji jaringan Smartfren di Medan, Rabu (2/12/2015).
Tiga dari belasan wartawan sempat mengeluhkan proses unduh yang cukup lama saat berada di Pasuruan. Menurut Munir Syahda Prabowo, VP Special Project Network PT Smartfren Telecom, masalah itu termasuk kasuistik. Artinya itu tidak menunjukkan masalah secara keseluruhan.

"Namun demikian, kami tetap akan memperbaiki hal itu sehingga ke depan jika melewati Pasuruan masalah itu tidak terjadi lagi," ujar Munir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com