Demo Taksi, "Blue Bird" Jadi Tren Dunia di Twitter

Kompas.com - 22/03/2016, 15:05 WIB
Gabungan sopir taksi dan bajaj melakukan aksi demonstrasi di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (22/3/2016). Mereka menuntut pemerintah menutup angkutan umum berbasis online karena dianggap mematikan mata pencaharian mereka. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESGabungan sopir taksi dan bajaj melakukan aksi demonstrasi di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (22/3/2016). Mereka menuntut pemerintah menutup angkutan umum berbasis online karena dianggap mematikan mata pencaharian mereka.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Aksi demo ribuan sopir taksi di Jakarta menyedot perhatian dunia. Setidaknya, hal itu tergambar dari obrolan maya di Twitter.

Kata kunci "Blue Bird" masuk daftar trending topic (TT) Twitter secara worldwide alias mencakup wilayah global, sebagaimana pantauan KompasTekno, Selasa (22/3/2016).

Diketahui, Blue Bird adalah salah satu perusahaan taksi yang terafiliasi dengan rombongan sopir pendemo. Selain dari Blue Bird, basis pendemo juga terdiri atas sopir taksi Express.

Kebanyakan netizen mengecam aksi kekerasan yang dilakukan para pendemo, misalnya menghentikan taksi yang sedang beroperasi agar sang sopir ikut demo, serta memaksa penumpang untuk turun dari taksi yang ditumpangi.

Diketahui pula, aksi demo hari ini adalah yang kedua dalam dua pekan. Para pendemo mendesak pemerintah memblokir layanan transportasi berbasis online, seperti Uber dan Grab.

Pasalnya, mekanisme Uber dkk dianggap curang dan mematikan bisnis taksi konvensional. Jika ingin tetap beroperasi, para pendemo meminta Uber dkk menetapkan tarif berbasis argo dan berpelat kuning.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X