Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Uji Telepon Pakai VoLTE dari Probolinggo

Kompas.com - 22/03/2016, 15:42 WIB
Farid Assifa

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Selain melakukan uji jaringan 4G, Smartfren juga mengajak rombongan jurnalis termasuk Kompas.com mencoba fitur panggilan video (video call) melalui jaringan internet, atau yang biasa disebut dengan voice over LTE (VoLTE).

VoLTE berbeda dengan telepon biasa. Teknologi baru ini berbasis layanan data 4G LTE dan mengandalkan internet cepat itu untuk bisa menelepon.

Karena berbasis layanan data, tak cuma telepon saja yang bisa dilakukan. Pengguna VoLTE juga bisa langsung memakainya untuk video call.

Uji coba tersebut dilakukan oleh Smartfren di tiga lokasi berbeda di Jawa Timur, yakni Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo.

Di Surabaya, Munir Syahda Prabowo selaku VP Special Project Network PT Smartfren Telecom melakukan panggilan video ke relasinya yang berada di Medan, Kompas.com juga sempat berkomunikasi dengannya.

Hasilnya, suara jernih dan gambar jelas tanpa terasa adanya lag. Hasil yang sama juga terasa saat uji coba VoLTE dilakukan di Pasuruan dan Probolinggo.

"Sementara hasil uji kualitas pada layanan VoLTE menunjukkan MOS 86 persen dan 11,15 persen pada Fair," tandas Munir. Lanjut dia, hasil agregat total 86 persen bagus dan bisa diterima.

"Ini artinya layanan 4G Smartfren di Jawa Timur sudah siap dipakai," tandas Munir.

Teknologi VoLTE bisa dinikmati di dua ponsel Android Smartfren yakni Andromax R2 dan Andromax E2. Kedua ponsel tersebur sudah mendukung jaringan 4G LTE dan diklaim sebagai ponsel pertama di Indonesia yang memiliki fitur VoLTE.

Selain menggunakan ponsel, pengguna Smartfren juga bisa melakukan panggilan VoLTE dengan modem 4G Andromax M2S, Andromax M2Y, dan Andromax M2P.

Modem tersebut bisa dipakai pengguna tanpa harus mengganti ponsel mereka dan juga bisa dipakai secara bersama-sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com