Kompas.com - 22/03/2016, 15:42 WIB
Penulis Farid Assifa
|
EditorReska K. Nistanto
PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Selain melakukan uji jaringan 4G, Smartfren juga mengajak rombongan jurnalis termasuk Kompas.com mencoba fitur panggilan video (video call) melalui jaringan internet, atau yang biasa disebut dengan voice over LTE (VoLTE).

VoLTE berbeda dengan telepon biasa. Teknologi baru ini berbasis layanan data 4G LTE dan mengandalkan internet cepat itu untuk bisa menelepon.

Karena berbasis layanan data, tak cuma telepon saja yang bisa dilakukan. Pengguna VoLTE juga bisa langsung memakainya untuk video call.

Uji coba tersebut dilakukan oleh Smartfren di tiga lokasi berbeda di Jawa Timur, yakni Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo.

Di Surabaya, Munir Syahda Prabowo selaku VP Special Project Network PT Smartfren Telecom melakukan panggilan video ke relasinya yang berada di Medan, Kompas.com juga sempat berkomunikasi dengannya.

Hasilnya, suara jernih dan gambar jelas tanpa terasa adanya lag. Hasil yang sama juga terasa saat uji coba VoLTE dilakukan di Pasuruan dan Probolinggo.

"Sementara hasil uji kualitas pada layanan VoLTE menunjukkan MOS 86 persen dan 11,15 persen pada Fair," tandas Munir. Lanjut dia, hasil agregat total 86 persen bagus dan bisa diterima.

"Ini artinya layanan 4G Smartfren di Jawa Timur sudah siap dipakai," tandas Munir.

Teknologi VoLTE bisa dinikmati di dua ponsel Android Smartfren yakni Andromax R2 dan Andromax E2. Kedua ponsel tersebur sudah mendukung jaringan 4G LTE dan diklaim sebagai ponsel pertama di Indonesia yang memiliki fitur VoLTE.

Selain menggunakan ponsel, pengguna Smartfren juga bisa melakukan panggilan VoLTE dengan modem 4G Andromax M2S, Andromax M2Y, dan Andromax M2P.

Modem tersebut bisa dipakai pengguna tanpa harus mengganti ponsel mereka dan juga bisa dipakai secara bersama-sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.