Kompas.com - 22/03/2016, 20:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dengan banderol harga mulai 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta, iPhone SE adalah perangkat yang menggiurkan untuk dipinang para penggemar gadget Apple.

Bagaimana tidak, meski layarnya berukuran 4 inci seperti iPhone 5S, jeroan iPhone SE sebanding dengan model unggulannya, yaitu iPhone 6S.

Selain itu, harga 399 dollar AS yang dipatok Apple untuk iPhone SE merupakan banderol terendah untuk sebuah iPhone saat pertama diluncurkan.

Harga iPhone SE bahkan lebih rendah dibanding model “murah” sebelumnya, iPhone 5C, yang saat peluncurannya dibanderol mulai 550 dollar AS (untuk versi unlocked, tanpa kontrak) di AS.

Memang, harga iPhone 5C kemudian diturunkan menjadi 349 dollar AS, namun itu hanya berlaku untuk model dengan kapasitas memori terbatas sebesar 8 GB, yang muncul beberapa lama setelah model awal dirilis.

Adapun iPhone generasi pertama (2007) sempat juga dibanderol 399 dollar AS. Tapi, apabila disesuaikan dengan inflasi, harga itu sebenarnya setara dengan 456 dollar AS, menurut nilai mata uang tersebut hari ini.

Karena itu, seperti dirangkum KompasTekno dari The Independent, Selasa (22/3/2016), bisa dibilang bahwa iPhone SE merupakan iPhone paling terjangkau yang pernah diumumkan oleh Apple di hari peluncurannya.

Harga “low-end” spek “high-end”

Ada perbedaan penting di antara kedua model smartphone “murah” dari Apple, iPhone 5C dan iPhone SE.

Ketika diluncurkan pada 2013, iPhone 5C sebenarnya hanya merupakan versi “permak” dari model sebelumnya, iPhone 5 (2012). Jeroan kedua ponsel itu serupa, hanya cangkangnya saja yang berganti dari bahan logam ke plastik.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.