Kompas.com - 23/03/2016, 07:20 WIB
Miitomo, aplikasi smartphone pertama Nintendo NintendoMiitomo, aplikasi smartphone pertama Nintendo
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto
KOMPAS.com - Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Nintendo akhirnya merilis aplikasi untuk smartphone. Aplikasi yang baru tersedia di Jepang ini dinamakan Miitomo.

Nintendo selama ini memang dikenal sebagai perusahaan game. Namun, aplikasi smartphone pertamanya ini tidak sepenuhnya ber-genre game, melainkan aplikasi sosial. Meskipun begitu, tetap ada permainan (game) yang bisa dinikmati dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi Miitomo memungkinkan penggunanya membuat avatar kartun, mirip dengan avatar Mii yang dikenalkan Nintendo saat merilis konsol Wii beberapa waktu lalu.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechCrunch, Senin (21/3/2016), pengguna nantinya bisa memilih gaya rambut, tampilan wajah, jenis pakaian, aksesoris, dan masih banyak lagi dalam avatar yang dibuatnya.

Pengguna juga bisa menentukan nama panggilan (nickname), mengatur gaya berbicara, dan bahkan memilih kepribadian dari avatar tersebut.

ist Jejaring sosial Miitomo buatan Nintendo.
Tidak puas dengan aksesoris yang disediakan? Nintendo menghadirkan berbagai aksesoris dan pakaian tambahan (yang pastinya lebih menarik), dimana pengguna bisa membelinya.

Transaksi di toko dalam aplikasi tersebut menggunakan koin Miitomo yang bisa didapatkan melalui serangkaian permainan dalam aplikasi, atau membelinya menggunakan uang sungguhan.

Lantas, segi sosial apa yang dihadirkan aplikasi tersebut? Sesama pengguna Miitomo dapat saling bertukar pertanyaan melalui Avatar yang dibuatnya. Contoh pertanyaan yang diajukan adalah "Acara televisi apa yang sedang ditonton?" atau "Apa yang dilakukan di akhir pekan lalu?".

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, Mii akan "menjelajah" ke dunia Miitomo dan bertukar jawaban dengan Mii lainnya. Nah, pengguna bisa bersosialisasi berdasarkan jawaban-jawaban yang diberikan.

Miitomo sudah dirilis di Jepang untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Masih belum ada kabar kapan aplikasi ini tersedia di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.