Aneka "Meme" Guyonan Ojek Aplikasi Vs Taksi

Kompas.com - 23/03/2016, 13:16 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Segala kejadian serius di Indonesia selalu bisa diputar balik menjadi meme guyonan nan kocak dan menggelitik. Salah satu yang terbaru adalah meme terkait unjuk rasa blokir aplikasi Uber dan Grab yang berujung bentrokan.

Unjuk rasa tersebut sebenarnya merupakan gabungan dari berbagai pengemudi angkutan umum. Namun, mayoritasnya adalah sopir taksi yang merasa lahannya diserobot oleh Uber serta Grab.

Sayangnya, unjuk rasa tersebut berbuah aksi ricuh. Sesama taksi yang melintas distop, dan penumpangnya dipaksa turun, Bahkan, ada juga yang kacanya dipecahkan. (Baca: Kaca Mobil Dipecahkan, Penumpang Blue Bird Diancam dan Dipaksa Turun)

Sejumlah oknum pengunjuk rasa di kawasan Sudirman bahkan terpotret sedang mengeroyok seorang pengemudi Go-Jek. Padahal, pengendara ojek online itu cuma kebetulan melintas. (Baca: Pengemudi Go-Jek Babak Belur Dipukuli Oknum Sopir yang Berdemonstrasi)

Peristiwa tersebut kemudian langsung diketahui oleh sesama pengendara ojek online. Sekitar ribuan pengojek online, baik dari Grab Bike maupun Go-Jek, kemudian berkumpul merespons pengeroyokan yang terjadi. (Baca: Ribuan Pengendara Ojek "Online" Berencana Sambangi Demo Sopir Taksi di GBK)

Pengojek online dan pengemudi taksi yang sedang berdemo sempat saling melempar batu di Jalan Sudirman, Jakarta. Di depan Gedung DPR/MPR, bentrokan serupa juga hampir terjadi, tetapi untungnya sempat dicegah oleh kepolisian.

Dari bentrokan dan demo tersebut, ternyata bukan cuma cerita inspirasi atau kata mutiara yang muncul. Ada banyak meme berisi guyonan yang tujuannya mungkin menyegarkan suasana serta membuat orang tersenyum.

Aneka meme ini dirangkum KompasTekno, Rabu (23/3/2016), sebagai berikut:

screenshot Foto unjuk rasa ini mirip dengan adegan ala film The Walking Dead

screenshot Meme yang berusaha menggambarkan bentrok antara transportasi online dengan taksi

screenshot Meme in juga berusaha menggambarkan pertikataian antara ojek online dengan para sopir taksi

screenshot Seorang pengemudi taksi yang berpose memegang parang diubah menjadi meme menirukan pose Kapitan Pattimura dalam uang pecahan Rp 1.000,-

@tahilalats Demo sopir taksi tersebut dibuat candaan melalui dialog dalam komik Instagam karya @tahilalats

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.