Kompas.com - 23/03/2016, 17:12 WIB
Ilustrasi konsol game Nintendo Wii U NintendoIlustrasi konsol game Nintendo Wii U
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto


KOMPAS.com — Tahun 2016 agaknya bakal menandai akhir riwayat Wii U. Sebuah kabar terbaru yang dirangkum KompasTekno dari VentureBeat, Rabu (23/3/2016), menyebutkan bahwa konsol game teranyar dari Nintendo tersebut kabarnya bakal berhenti diproduksi menjelang akhir tahun ini.

Laporan dari media lokal Jepang, Nikkei, turut mengatakan bahwa Nintendo sudah menghentikan produksi sejumlah aksesori Wii U.

Wii U disinyalir bakal digantikan oleh produk baru yang namanya belum diketahui pasti dan hanya dikenal dengan sebutan “Nintendo NX”.

Hadir pertama kali pada 2012, Wii U memperkenalkan konsep unik dengan menghadirkan unit controller yang berbentuk seperti tablet.

Konsol seperti itu rupanya kurang diminati pasar. Nintendo selaku pembuatnya pun kesulitan bersaing dengan para pesaing, seperti Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4, meski Wii U sudah lebih dulu dirilis selama setahun sebelum kedatangan dua rivalnya tersebut.

Nintendo, misalnya, hanya berhasil menjual 12,6 juta unit Wii U di seluruh dunia (per Februari 2016) dalam waktu empat tahun kiprahnya. Sementara itu, angka penjualan PlayStation 4 sudah mendekati 40 juta unit dalam waktu yang lebih singkat.

Konsol game Nintendo sebelumnya, Wii, bernasib lebih baik dengan mencatat angka penjualan lebih dari 100 juta unit dalam periode 2006-2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.